Info Haji 2019

Jemaah Haji Pangkalpinang Ziarah ke Tempat Sejarah Kenabian Rasulullah

Para jemaah haji Kota Pangkalpinang melaksanakan ziarah ke berbagai tempat di Kota Madinah dalam rangka menambah wawasan dan pengetahuan

Jemaah Haji Pangkalpinang Ziarah ke Tempat Sejarah Kenabian Rasulullah
Istimewa
Para jemaah haji Kota Pangkalpinang melaksanakan ziarah ke berbagai tempat di Kota Madinah dalam rangka menambah wawasan dan pengetahuan tentang sejarah kenabian Rasulullah Muhammad SAW. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA  -- Para jemaah haji Kota Pangkalpinang melaksanakan ziarah ke berbagai tempat di Kota Madinah dalam rangka menambah wawasan dan pengetahuan tentang sejarah kenabian Rasulullah Muhammad SAW.

Hal ini diungkapkan H Abdul Rohim, Kepala Kemenag Kota Pangkalpinang yang juga petugas Kloter 9 PLM melalui pesan Whatsapp (WA)-nya, Kamis (18/07/2019).

“Kegiatan jemaah di Kota Madinah ini diawali dengan Salat subuh di Masjid Nabawi, setelah itu jam 6 pagi mereka berkumpul di lobby Hotel Taiba Rose Nomor 212 untuk mengikuti kegiatan ziarah ke berbagai tempat," kata Rohim.

Dilanjutkannya, yang pertama ke pasar kurma, disini bisa berbelanja berbagai macam jenis kurma yang ada di Kota Madinah.

"Setelah itu para jemaah berziarah ke Masjid Quba, seperti disebutkan dalam hadist Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Ibnu Majjah, 'barang siapa yang berwudhu kemudian salat dua rakaat di masjid ini, maka dia mendapatkan pahala seperti pahala umroh'," kata Rohim.

Sekitar 30 menit berada di Masjid Quba, kemudian melanjutkan ziarah ke Masjid Qiblatain, lalu ke Khandaq, yaitu situs sejarah tempat terjadinya perang Khandaq, dan diakhiri dengan ke Jabal Uhud untuk menyaksikan napak tilas sejarah betapa peperangan Uhud.

Ketika pasukan Rasulullah berada di bukit dan kemudian mereka lalai, lantas tempat itu direbut oleh pasukan Quraisy, sehingga dari situ mereka memanah dan menyerang tentara muslim Rasulullah yang ada di bawah. Hampir 70 sahabat nabi wafat pada saat itu diantaranya sahabat-sahabat sayyidina Hamzah kemudian Mushab bin Umair yang kuburnya masih ada terlihat di tengah-tengah tempat ziarah ini.

“Kami laporkan juga, kondisi jemaah saat ini dalam keadaan sehat walafiat, walaupun ada beberapa orang jemaah yang tidak bisa ikut ziarah dan diharuskan untuk beristirahat sejenak karena perjalanan masih panjang. Oleh karena itu tidak dipaksakan kepada jemaah tersebut untuk ikut ziarah bagi yang memang kondisi tubuhnya tidak begitu fit,” imbuhnya.

Selanjutnya, pada pukul 10.00 WAS para jemaah yang berziarah sudah berada kembali di hotel dan akan istirahat untuk kemudian bersiap-siap menuju ke Nasjid Nabawi guna melanjutkan ibadah Arbain.

Para jemaah haji Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang tergabung dalam kloter 7, 8, dan 9 PLM juga sering bertemu, baik dengan petugas kloter maupun dengan para jemaah lainnya untuk saling bertukar informasi, salah satunya terkait penggunaan kartu telepon seluler, karena sebagian ada yang bisa mempergunakan kartu seluler tanah air tapi sebagian juga harus membeli kartu seluler yang ada di Arab Saudi, seperti Zain mobile dan lain sebagainya.

(Bangka Pos/Edwardi)

Penulis: edwardi
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved