Berita Bangka Barat

Musim Kemarau Tiba, Hati-Hati Pelaku Pembakaran Lahan Bisa Terancam Sanksi Pidana dan Denda

Polsek Tempilang mulai melakukan sosialisasi bencana kebakaran hutan dan lahan.

Musim Kemarau Tiba, Hati-Hati Pelaku Pembakaran Lahan Bisa Terancam Sanksi Pidana dan Denda
Ist/Polsek Tempilang
Polsek Tempilang memasang spanduk imbauan agar masyarakat tidak membuka lahan dengan cara dibakar, Kamis (18/7/2019). 

BANGKAPOS.COM--  Memasuki musim kemarau, lahan kering sangat rentan dengan kebakaran. Guna mengantisipasinya, Polsek Tempilang mulai melakukan sosialisasi bencana kebakaran hutan dan lahan.

Sosialisasi terkait bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla) digelar Polsek Tempilang di Desa Benteng Kota, Kecamatan Tempilang, Kabupaten Bangka Barat, Kamis (18/7/2019). Dalam sosialisasi juga Polsek Tempilang memasang spanduk agar dapat dilihat langsung oleh masyarakat setempat.

Kapolsek Tempilang, Iptu Ruben Isaak mengatakan selain melakukan sosialisasi Polsek Tempilang juga menyampaikan secara langsung kepada masyarakat. Diimbau agar tidak membuka lahan perkebunan dengan cara dibakar.

“Ada beberapa lokasi rawan kebakaran yang kita pasangi spanduk imbauan. Selain itu, setiap bertemu dengan masyarakat kita juga sampaikan imbauan tidak membuka lahan dengan cara melakukan pembakaran,” kata Ruben.

Dia menjelaskan, dengan sosialisasi ini baik dalam pertemuan maupun pemasangan spanduk diharapkan dapat meminimalisir terjadinya bencana karhutla.

Kemudian pembukaan lahan perkebunan dilarang dengan cara dibakar. Bila sampai terjadi maka pelaku pembakaran lahan akan dikenai sanksi pidana dan denda.

“Ini kan untuk kebaikan kita bersama. Jangan sampai bencana kebakaran ini terjadi dan akan merugikan kita sendiri. Apalagi sedang musim kemarau ini, pembukaan lahan dengan cara dibakar bisa berimbas luas,” kata Ruben. (Bangkapos.com/Hendra)

Penulis: Hendra
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved