Pemberlakuan Jam Malam Dinilai Bermanfaat, Hanya Perlu Pengawalan Orangtua

Kepala SMP IT Albina Pangkalpinang, Suparman, mengatakan, program pemberlakukan jam malam yang akan diaktifkan kembali oleh Pemkot

Pemberlakuan Jam Malam Dinilai Bermanfaat, Hanya Perlu Pengawalan Orangtua
IST / Suparman
Kepala Sekolah Menengah Pertama IT Albina Pangkalpinang, Suparman 

Pemberlakuan Jam Malam Dinilai Bermanfaat, Hanya Perlu Pengawalan Orangtua

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Kepala SMP IT Albina Pangkalpinang, Suparman, mengatakan, program pemberlakukan jam malam yang akan diaktifkan kembali oleh pemerintah kota Pangkalpinang dinilai bermanfaat dan bagus, hanya perlu proses pengawalan dari orangtua dan dukungan sekolah untuk memberikan pemahaman kepada anak terkait program tersebut.

"Kalau melihat kemajuan saat ini banyak sekali anak tingkat SMP/SMA setiap malam berada di luar rumah sangat memprihatinkan. Bukan tidak memberikan kepercayaan, namun itu ketika berada di luar rumah lewat jam 21.00 9, merupakan jam krusial dampak negatif nya banyak, apalagi ada game online yang tidak membatasi waktu penggunaan," ujar Suparman kepada bangkapos.com, Kamis (18/7/2019).

Dia menuturkan, program ini harus dikawal, tanggung jawab dan disosialisasikan dengan baik kepada orangtua dan anak agar paham mengenai manfaat pemberlakuan jam belajar malam ini. Pasalnya apabila anak yang terbiasa pulang larut malam, dikhawatirkan mengganggu konsentrasi nya saat belajar keesokan hari. Menimbulkan rasa malas akibat kurang beristirahat dan begadang.

"Berdampak kualitas pendidikan yg dijalani. Hasil akhir mereka tidak memahami secara utuh tujuan dia sekolah dan efek lainnya membentuk suatu opini mereka akan hidup dengan cara instan. Belajar sudah lesu karena semalaman begadang. Terganggu dengan kesesuaian fisik mereka pada saat belajar karena tidur larut sehingga menjadi malas dan lesu. Itu juga dampak teknologi dan kemajuan sebuah wilayah," tambahnya.

Parman menuturkan, agar anak tidak keluyuran pada malam hari mesti ada pengawalam dan pemahaman yang diberikan dari orang tua terlebih dahulu sebagai lingkup terdekat anak.

(bangkapos.com/ira kurniati)

Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved