UBB Kembangkan Potensi Balunijuk sebagai Desa Pangan Halal, 6 Warung Dapat Sertifikat HSB

Univeristas Bangka Belitung (UBB) tengah mengembangkan potensi Desa Balunijuk sebagai Desa Pangan Halal.

UBB Kembangkan Potensi Balunijuk sebagai Desa Pangan Halal,  6 Warung Dapat Sertifikat HSB
Istimewa/ Dok. Occa Roanisca
Penyerahan sertifikat HS kepada satu di antara warung di Desa Balunijuk yang dibina oleh tim pengabdian UBB, Kamis (11/7/2019). (Istimewa/ Dok. Occa Roanisca) 

UBB Kembangkan Potensi Balunijuk sebagai Desa Pangan Halal, Enam Warung Dapat Sertifikat HSB

ANGKAPOS.COM, BANGKA -Univeristas  Bangka Belitung (UBB) tengah mengembangkan potensi Desa Balunijuk sebagai Desa Pangan Halal. Potensi ini dikembangkan melalui program Pengabdian kepada Masyarakat dengan pendanaan hibah dari Kemenristek DIKTI tahun 2019.

Pengabdi pada kegiatan tersebut merupakan hasil sinergi antara dosen dari jurusan kimia Fakultas Teknik UBB dan Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi UBB. Tim diketuai oleh Occa Roanisca, S.P.,M.Si yang beranggotakan dua orang, yaitu Robby Gus Mahardika, S.Pd., M.Si dan Maya Yusnita, S. E., M. Si.

"Desa Balunijuk mempunyai potensi untuk dikembangkan menjadi Desa Pangan Halal," kata Ketua Tim Pengabdian UBB di Desa Balunijuk, Occa Roanisca, Kamis (18/7/2019).

Occa mengatakan, Desa Balunijuk dikenal sebagai desa pusat pendidikan. Di sana berdiri dua pusat pendidikan tinggi, yaitu Universitas Bangka Belitung (UBB) dan Sekolah Polisi Negara (SPN).

Keadaan tersebut dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar untuk mengusahakan warung makanan dan minuman disepanjang jalan Desa balunijuk.

"Sehingga kegiatan ekonomi Desa Balunijuk sangat tinggi," katanya.

Dia bilang, masyarakat Desa Balunijuk juga identik dengan kegiatan keagamaan. Di sana terdapat pesantren dan Sekolah Dasar Islam Terpadu.

"Langkah awal untuk mewujudkan Desa Balunijuk sebagai kampung pangan halal, Para pengabdi membina dan memfasilitasi sebanyak enam warung makanan dan minuman di Desa Balunijuk dalam mendapatkan sertifikat Hygiene Sanitasi (HS) melalui Program PKM Hibah Kemenristek Dikti tahun 2019," tutur dia.

Keenam warung tersebut, yaitu Warung Dapur Pak Cik, Warung Yuk Am, Watung H. Jamhir, Warung Bambu Kuning, Warung Asyik, dan Warung Bik Cek. Kegiatan tersebut melibatkan petugas Sanitasi Lingkungan Puskesmas Baturusa yang datang langsung ke enam warung untuk membina dan memberikan arahan perbaikan agar bisa mendapatkan sertifikat HS.

Kemudian penyerahan sertifikat HS diserahkan langsung oleh para pengabdi kepada enam pelaku usaha warung makanan dan minuman Desa Balunijuk, Kamis (11/7/2019) lalu.

"Dengan diperolehnya sertifikat HS oleh enam warung usaha makanan dan minuman Desa Balunijuk diharapkan sebagai inisiator bagi warung lainnya untuk segera mendapatkan sertifikat HS, sehingga para pengusaha warung mengerti dan melaksanakan proses produksi berstandar bersih y ang ditetapkan oleh Dinas Kesehatan," kata Occa. (bangkapos.com / Dedy Qurniawan)

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved