Berita Pangkalpinang

Agar Tak Jadi Temuan BPK Lagi, Penerima Dana Hibah dan Bansos Tahun 2019 Dikumpulkan

Sekitar 80 penerima dana hibah dan bantuan sosial (bansos) tahun 2019 dikumpulkan Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah (Sekda)

Agar Tak Jadi Temuan BPK Lagi, Penerima Dana Hibah dan Bansos Tahun 2019 Dikumpulkan
(BANGKA POS / DEDY Q)
Sosialisasi kepada sekitar 80 penerima dana hibah dan bansos tahun 2019 di gedung Mahligai, Rumah Dinas Gubernur, Jumat (19/7/2019). 

BANGKAPOS.COM-- Sekitar 80 penerima dana hibah dan bantuan sosial (bansos) tahun 2019 dikumpulkan Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah (Sekda) Kepulauan Bangka Belitung (Babel) di gedung Mahligai, Rumah Dinas Gubernur Babel, Jumat (19/7/2019.

Mereka mendapatkan sosialisasi bagaimana membuat laporan pertanggungjawaban dan sekaligus sosialisasi revisi peraturan gubernur (pergub) terbaru mengenai dana hibah dan bansos tahun 2019.

"Ini agar penerima dana hibah dan bansos ini dalam laporan pertanggunggjawaban dananya sesuai aturan yang diinginkan, dan sesuai dengan yang telah diatur di Pergub," kata Kepala Biro Kesra Setda Babel Asyraf Suryadhin seusai sosialisasi.

Dalam Pergub terbaru, Asyraf menjelaskan, ada beberapa perbedaan dengan pertanggungjawaban dana hibah dan bansos tahun sebelumnya. Satu di antaranya adalah ketika kegiatan telah selesai di akhir tahun anggaran, namun dana masih bersisa, maka dana tersebut harus dikembalikan ke daerah.

"Ini salah satu yang membedakan. Kalau tahun-tahun lalu, masih bisa digunakan dengan persetujuan terlebih dahulu," kata Asyraf.

Pj. Sekda Babel Yulizar mengatakan, sosialisasi ini menjadi penting agar para penerima dana hibah dan bansos agar dapat membuat suatu pertanggungjawaban sesuai yang diminta Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Kata dia, dana hibah dan bansos pada 2018 pernah menjadi temuan BPK.

Temuan itu diharapkan tidak terulang pada tahun ini.

"Temuan BPK tahun lalu, Biro Kesra kurang optimal memantau hasil laporan-laporan yang dibuat bapak ibu penerima bansos. Agar ke depan tidak ada lagi temuan itu maka Biro Kesra mencoba menyampaikan kisi-kisi bagaimana membuat laporan keuangan yang menjadi standar BPK," kata Yulizar saat membuka sosialisasi tersebut.

(bangkapos.com / Dedy Qurniawan)

Tags
BPK
bansos
Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved