Berita Bangka Barat

Ikon Baru Bangka Barat, Perpustakaan Modern Terlengkap di Pusat Kota

Kabupaten Bangka Barat bakal memiliki ikon baru, yakni Perpustakaan Moderen Bertaraf Nasional

Ikon Baru Bangka Barat, Perpustakaan Modern Terlengkap di Pusat Kota
ist
Rencana Pembangunan Perpustakaan Modern bertaraf nasional di Kabupaten Bangka Barat. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA – Kabupaten Bangka Barat bakal memiliki ikon baru, yakni Perpustakaan Moderen Bertaraf Nasional yang direncakan dibangun tahun 2020 mendatang.

Kepala Kantor Arsip dan Perpustakaan Bangka Barat, Ismantho kepada bangkapos.com, Kamis (18/7/2019) sore mengatakan rencana pembangunan akan dilakukan tahun 2020.

“Seluruh persyaratannya, baik administrasi maupun tempatnya sudah kita siapkan dan lengkap. Perpustakaan Modern untuk Bangka Barat bertaraf nasional ini satu-satunya di Provinsi Bangka Belitung,” kata Ismantho.

Ismantho juga mengatakan sesuai dengan keinginan Bupati Bangka Barat, Markus bahwa perpustakaan ini bakal menjadi ikon baru di Kabupaten Bangka Barat.

Perpustakaan yang akan dibangun dilahan seluas 1 hektar, berada dipusat kota Muntok, memiliki fasilitas lengkap baik buku maupun internet atau serba online.

“Pak Bupati juga memberikan apresiasi, bahkan perpustakaan ini nantinya akan menjadi ikon di Bangka Barat,” kata Ismantho.

Dijelasnya, pembangunan ini direncanakan mulai tahun 2020. Dana yang digunakan berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Pusat.

Dengan fasilitas lengkap dan bertaraf nasional ini, Pemerintah Bangka Barat mengajukan anggaran DAK ke pusat sebesar Rp 10 miliar.

“Dari kabupaten yang ada di Bangka Belitung yang mengajukan, hanya kita (Bangka Barat—red) dinyatakan siap, memenuhi syarat dan tidak ada masalah lagi. Jadi perpustakaan ini nantinya satu-satunya yang terlengkap di Bangka Belitung,” ujar Ismantho.

Dia menambahkan upaya mendorong percepatan pembangunan Perpustakaan Modern bertaraf International ini akan terus didorong.

Karenanya beberapa waktu, Kantor Arsip dan Perpustakaan Bangka Barat bersama dengan DPRD Bangka Barat sudah melakukan kunjungan langsung ke Perpustakaan Nasional RI.

“Kita mohon dukungan dan doanya. Kalau ini jadi, perpustakaan modern bertaraf nasional akan jadi pertama yang ada di Bangka Belitung,” ujar Ismantho.

Direncanakan perpustakaan ini akan dibangun 2 lantai. Lantai 1 akan ada lobby, ruang kepala perpustakaan, kantor, ruang perpustakaan umum, ruang multimedia/IT, ruang perpustakaan anak, dan toilet.

Kemudian di lantai 2 akan disediakan ruang audio visual, ruang diorama dan pameran, ruang pojok seni dan budaya, ruang musik, ruang bilik sejarah, gudang dan toilet. (Bangka Pos / Hendra)

Penulis: Hendra
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved