Penandatangan Kesepakatan Bersama antara BPOM dan Pemerintah Kabupaten Bangka

Sebagai bentuk tanggung jawab dari pemerintah dalam melindungi masyarakat Kabupaten Bangka dari bahaya obat dan makanan yang tidak memenuhi ketentuan.

Penandatangan Kesepakatan Bersama antara BPOM dan Pemerintah Kabupaten Bangka
Istimewa
Penandatanganan kesepakatan bersama antara BPOM dan Pemerintah Kabupaten Bangka 

BANGKAPOS.COM,BANGKA -- Sebagai bentuk implementasi dari Inpres 3 Tahun 2017 dan juga Permendagri No. 41 Tahun 2018, Balai POM di Pangkalpinang melakukan penandatanganan MOU dengan Pemerintah Kabupaten Bangka pada 15 Juli 2019 bertempat di Ruang Kerja Kantor Bupati Bangka.

Sesuai dengan Inpres 3 Tahun 2017, pada Inpres tersebut diperintahkan kepada pemangku kepentingan baik pusat dan daerah untuk mengambil langkah-langkah sesuai tugas, fungsi dan kewenangan masing-masing untuk melakukan peningkatan efektivitas dan penguatan pengawasan obat dan makanan.

Sebagai bentuk tanggung jawab dari Pemerintah Kabupaten Bangka dalam melindungi masyarakat Kabupaten Bangka dari bahaya obat dan makanan yang tidak memenuhi ketentuan. Maka dengan adanya MOU ini bisa menjadi langkah awal baik dari Pemerintah Kabupaten Bangka ataupun BPOM untuk bisa bersinergi dalam meningkatkan pengawasan di bidang obat dan makanan.

Dalam kesempatan ini, turut hadir Wakil Bupati Bangka, Asisten Pemerintahan dan Kesra, Kepala Bappeda, Kepala Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah, Kepala Dinas Perindagkop, Kepala Dinas Kesehatan, Kabag Protokol dan Kabag Adm Pemerintahan Umum.

Penandatanganan kesepakatan bersama antara BPOM dan Pemerintah Kabupaten Bangka
Penandatanganan kesepakatan bersama antara BPOM dan Pemerintah Kabupaten Bangka (Istimewa)

"Obat dan makanan ini merupakan sektor yang sangat penting untuk diperhatikan, karena menyangkut nyawa manusia, sehingga pengawasan yang optimal sangat diperlukan guna melindungi masyarakat di seluruh Kabupaten Bangka dari bahaya obat dan makanan yang tidak memenuhi ketentuan," ujar Bupati Bangka, Mulkan.

Pada kesempatan ini juga, Kepala Balai POM, Hermanto dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih atas respon cepat Pemerintah Kabupaten Bangka sehingga MOU ini dapat terlaksana.

Harapan dengan adanya Kesepakatan Bersama ini adalah agar setiap pihak dapat mensupport satu sama lain dalam menjalankan tupoksi, baik Pemerintah Daerah maupun Balai POM untuk melakukan pengawasan dan pembinaan di bidang Obat dan Makanan, sehingga masyarakat di Kabupaten Bangka dapat dengan aman mengkonsumsi obat dan makanan sehari hari.

Editor: Ardhina Trisila Sakti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved