Advertorial

RSUD Dr (H.C) Ir Soekarno Semakin Baik

Rumah sakit ini memiliki program sister hospital, dan rumah sakit ini juga mempunyai pelayanan unggulan antara lain pelayanan kateterisasi jantung

RSUD Dr (H.C) Ir Soekarno Semakin Baik
Istimewa
Kasubdit Pengelolaan Rujukan dan Pemantauan Rumah Sakit Direktorat Pelayanan Kesehatan Rujukan Kementerian Kesehatan RI, Dr. dr. Yout Savithri berkunjung ke Rumah Sakit Umum Daerah Dr (H.C) Ir. Soekarno, Kamis (18/7) sekitar pukul 13.00 WIB. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Kasubdit Pengelolaan Rujukan dan Pemantauan Rumah Sakit Direktorat Pelayanan Kesehatan Rujukan Kementerian Kesehatan RI, Dr. dr. Yout Savithri berkunjung ke Rumah Sakit Umum Daerah Dr (H.C) Ir. Soekarno, Kamis (18/7) sekitar pukul 13.00 WIB. Turut hadir dalam rombongan, Wakil Gubernur kepulauan Bangka Belitung (Babel) Abdul Fatah, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kep. Babel drg.Mulyono, MHSM dan Direktur RSUD Dr (H.C) Ir. Soekarno dr. H. Armayani S, Sp.B.

dr. Yout mengaku selalu mengikuti perkembangan RSUD Dr. (H.C) Ir Soekarno sejak rumah sakit berdiri. Dia pun menilai jika perkembangan RSUD Dr (H.C) Ir. Soekarno dari tahun ke tahun semakin baik.

“Saya tahu rumah sakit ini sudah lama ya, jadi saya tahu dari awalnya sampai dengan sekarang, perkembangannya cukup bagus,” ujar dr. Yout, Kamis (18/7).

Terlebih lagi rumah sakit ini memiliki program sister hospital, dan rumah sakit ini juga mempunyai pelayanan unggulan antara lain pelayanan kateterisasi jantung (cathlab), pelayanan bedah saraf, pelayanan intervensi nyeri, dan saat ini sedang dikembangkan pelayanan onkologi terpadu, pelayanan respirasi dan bedah thorak serta pelayanan gastroenterologi, sehingga menurutnya pasien tidak perlu lagi dirujuk lagi ke luar Provinsi Babel.

“Ini rumah sakit tertinggi, yaitu rumah sakit rujukan provinsi dan diharapkan semua pelayanan atau tindakan bisa dikerjakan di sini,” kata dr. Yout

Dia menambahkan jika kementerian kesehatan RI setiap tahunnya memberikan anggaran bagi RSUD Dr (H.C) Ir. Soekarno sebanyak Rp 50-80 miliar per tahun, untuk pemenuhan sarana prasarana sehingga peningkatan dan pengembangan pelayanan sangat baik. Dan nanti di tahun 2021, diharapkan RSUD Dr (H.C) Ir. Soekarno sudah bisa melayani bedah jantung terbuka.

dr. Yout mengatakan jika masyarakat Babel patut berbangga diri memiliki RSUD Dr. (H.C) Ir. Soekarno yang fasilitasnya cukup lengkap dan canggih, ia juga menilai jika pemerintah Provinsi Babel juga memberikan dukungan penuh, sehingga ia meyakini jika ke depannya RSUD Dr (H.C) Ir. Soekarno akan lebih berkembang lagi.

Terkait adanya rekomendasi dari Kemenkes RI terhadap reviu kelas RS, penurunan kelas RSUD Dr. (H.C) Ir. Soekarno dari kelas B turun menjadi kelas C, dr. Yout mengatakan jika pihaknya kemarin malam sudah melakukan review ulang, dan hasilnya adalah RSUD Dr (H.C) Ir. Soekarno lulus dan kembali berhak menyandang rumah sakit kelas B.

“Kami sudah mereview ulang semalam, dan Alhamdulillah sudah lulus, jadi masih tetap di kelas B,” kata dr. Yout seraya menambahkan jika masa sanggah 28 hari sudah tidak diperlukan lagi bagi RSUD Dr (H.C) Ir Soekarno.

Di tempat yang sama, Wakil Gubernur Babel Abdul Fatah juga mengatakan jika ia melihat perkembangan yang sangat signifikan dari RSUD Dr (H.C) Ir. Soekarno. Pada tahun 2007 lalu, lanjut Abdul Fatah, RSUD Dr (H.C) Ir. Soekarno belum bisa melakukan pemasangan untuk ring jantung. Namun kini pelayanan itu sudah bisa diberikan.

“Melihat pertumbuhan seperti ini, kita yakin ke depannya RSUD Dr (H.C) Ir. Soekarno menjadi lebih baik. Dan mudah-mudahan kita bisa berbuat lebih banyak lagi dalam melakukan pelayanan di bidang kesehatan bagi masyarakat,” ujar Abdul Fatah. 

Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved