Berita Pangkalpinang

Jatuh Cinta Pada Dunia Paskibraka, Catarino Targetkan Jadi Pengibar Sang Saka Merah Putih di Istana

Catarino JF, siswa kelas 11 SMAN 1 Pangkalpinang yang sudah mengenal dunia Paskibraka sejak dua tahun lalu.

Jatuh Cinta Pada Dunia Paskibraka, Catarino Targetkan Jadi Pengibar Sang Saka Merah Putih di Istana
Bangkapos.com/Muhammad Rizki
Catarino

BANGKAPOS.COM-- Catarino JF, siswa kelas 11 SMAN 1 Pangkalpinang yang sudah mengenal dunia Paskibraka sejak dua tahun lalu.

Ia jatuh hati kepada dunia paskibraka sebagai ekstra kulikuler (ekskul) karena menyenangi kegiatan baris berbaris. Selain itu di paskibraka pula ia dilatih dari segi kedisiplinan, dan kecakapan dalam berbicara.

Siapa sangka, ketekunan dalam berlatih membuat dirinya tak lama lagi akan membawa nama baik Provinsi Kepualauan Bangka Belitung di kancah nasional.

Pasalnya ia berhasil terpilih menjadi satu dari dua orang dari Provinsi Bangka Belitung, yang akan menjadi paskibraka nasional, yang berarti ia akan menjadi paskibraka pada saat pelaksanaan upacara kemerdekaan RI di Istana Negara.

Ia mengatakan tidak ada target atau mimpi untuk bisa menjadi seorang paskibraka nasional, hanya bermodalkan ketekunan, giat berlatih, dan kepercayaan diri yang tinggi. Tanpa disangka ia bisa melewati semua seleksi dengan mulus, mulai dari seleksi tingkat kota hingga provinsi.

"Kemarin terakhir seleksi di LPMP selama lima hari, disana aku cuma berusaha melakukan yang terbaik, dan pas di hari penentuan, aku ga nyangka bakal terpilih," jelas Catarino bersemangat, Sabtu (20/7) saat dihubungi via telepon.

Ketika ditanyakan tentang bagaimana kesiapan fisik dan mentalnya, Catarino mengatakan jika hal tersebut sudah menjadi makanan sehari-harinya, ia mengatakan jika persiapan fisik dan mental sudah dipersiapkan dari jauh-jauh hari.

Namun lebih dari itu dukungan moril dari kedua orang tua yang tak pernah surut untuk sang anak tercinta, diakuinya menjadi penyemangatnya dikala lelah dalam berlatih. Catarino pun selalu mengingat pesan dari kedua orang tuanya agar selalu berlatih, belajar, dan tak lupa untuk selalu berdoa.

Lebih lanjut dukungan dan suport dari pihak sekolah  sangat ia rasakan. Catarino mengatakan jika pihak sekolah turut mendukung dan memfasilitasi semua kebutuhannya dari awal seleksi hingga ia berhasil terpilih menjadi seorang paskibraka nasional.

Pengibar sangsaka merah putih adalah posisi yang ia jadikan target pada saat peringatan hari kemerdekaan di istana negara nanti, namun jikalau target tersebut belum bisa terpenuhi, ia mengatakan tidak akan berkecil hati, dikarenakan bisa tergabung di pasukan tiga alias pasukan inti pun sudah sangat ia syukuri.

"Kalau target pertama ya pengibar, tapi kalau dapat yang kedua penggerek sama jangkar ya gapapa, soalnya udah masuk di pasukan tiga, udah pasukan inti itu," ungkap Catarino.

Ia berpesan kepada mereka yang tidak lolos seleksi agar tidak pernah putus asa dan menyerah, karena meyakini jika yang terpenting bagi seorang paskibraka adalah bisa mengibarkan Sangsaka merah putih ke tempat tertinggi, tanpa memandang tempat.           (Bangkapos.com/Muhammad Rizki)

Penulis: Muhammad Rizki
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved