Ekspor Timah Tersendat, Belasan Smelter di Babel Tak Ekspor Sejak Januari 2019, Ini Kata Pengamat

Tersendatnya ekspor timah batangan dalam beberapa bulan terakhir ini, tidak harus menjadi alasan untuk mendesak pemerintah meninjau

Ekspor Timah Tersendat, Belasan Smelter di Babel Tak Ekspor Sejak Januari 2019, Ini Kata Pengamat
Bangkapos/Hendra
Ilustrasi Balok Timah-- Petugas PT BGR sedang melakukan pengecekan balok timah di ekspor. Ekspor Timah Tersendat, Belasan Smelter Swasta di Babel Tak Bisa Ekspor Sejak Januari 2019, Ini Kata Pengamat 

Ekspor Timah Tersendat, Belasan Smelter Swasta di Babel Tak Bisa Ekspor Sejak Januari 2019, Ini Kata Pengamat

BANGKAPOS.COM, JAKARTA - Tersendatnya ekspor timah batangan dalam beberapa bulan terakhir ini, tidak harus menjadi alasan untuk mendesak pemerintah meninjau ulang regulasi terkait syarat Competent Person Indonesia (CPI).

Sebab, regulasi tersebut bukan hal yang sulit untuk ditegakkan.

"Terlalu berlebihan jika minta pemerintah meninjau ulang regulasi tersebut. Penuhi saja persyaratannya, maka ekspor akan kembali normal," kata Pengamat Ekonomi Energi UGM Fahmy Radhi di Jakarta, Sabtu (20/7/2019)

Menurut Fahmy, syarat CPI yang tertuang dalam Kepmen ESDM No. 1827 tahun 2018 tersebut, semata-mata ditujukan agar tata kelola asal usul bijih timah lebih bisa dipertanggungjawabkan, dan memang berasal dari tambang yang legal.

Dengan demikian, risiko negara dirugikan bisa diminimalisasi.

“Kepentingan negara harus tetap dijaga juga. Jangan sampai bijih timah berasal dari tambang ilegal. Ini yang harus kita sadari bersama,” katanya.

Jika regulasi ini menyebabkan turunnya ekspor, lanjut Fahmy, hal itu hanya dampak sementara.

“Saat pengusaha swasta sudah mematuhi aturannya, saya kira ekspor akan kembali seperti semula. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan,” kata Fahmy.

Syarat CPI, dijelaskan Fahmy, sebenarnya merupakan domain dari asosiasi profesi. Jika pengusaha tambang swasta punya komitmen sesuai tata kelola termasuk meng-hire CPI, maka regulasi tersebut tidak akan menjadi masalah.

Halaman
12
Editor: Evan
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved