Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Distamben Sebut 18.000 Zirkon Belum Keluar Babel, Rusbani Ungkap Butuh Syarat Ini

Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memastikan pengiriman mineral ikutan timah harus mengikuti peraturan berlaku.

Bangka Pos/Alza Munzi
Plt Kepala Distamben Babel Rusbani 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memastikan pengiriman mineral ikutan timah harus mengikuti peraturan berlaku.

Termasuk rencana pengiriman zirkon melalui Pelabuhan Pangkalbalam beberapa waktu lalu.

Sampai saat ini 18.000 ton zirkon itu belum dibawa keluar Babel, karena masih harus melengkapi syarat sesuai aturan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.

"Ya tentunya kita ikuti aturan. Kita masih tunggu Surat Keterangan Produksi (SKP). Sekarang masih ada di Babel, belum dibawa," kata Plt Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Kepulauan Bangka Belitung Rusbani setelah bertemu warga Berok, Koba di DPRD Babel, Senin (22/7/2019).

Dia mengatakan, aturan pengiriman zirkon tertuang dalam peraturan menteri perdagangan dan Keputusan ESDM Nomor 1827 tahun 2018 serta Peraturan Dirjen Minerba 569.K/30/djb/2015.

Sebelumnya, Rusbani mengatakan pihak Distamben Babel membutuhkan SKP sebagai bagian dari syarat pengiriman keluar Babel.

"Dari kami, perlu SKP. Ini perlu ditanya dulu, SKP (terkait) ini yang buat cabdin Kabupaten Bangka. SKP itu dikeluarkan oleh cabdin, tetapi harus diinformasikan kepada saya. Ya tidak bisa (kalau belum ada SKP), ini menyangkut dari mana (zirkonnya). Kalau pajaknya ke Kabupaten, kalau dia ekspor, baru royalti," kata dia.

Rusbani mengatakan, Babel saat ini hanya memiliki pengolahan pemurnian, belum sampai pemurnian. 

Dia mengatakan, saat ini mineral ikutan memang masih bisa dikirim antar pulau, kecuali diekspor.

"Selama ini perdagangan antar pulau, ekspor itu tidak diperbolehkan kalau belum dimurnikan betul dengan kadar 65,5 itu," katanya.

Halaman
123
Penulis: Alza Munzi
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved