Berita Pangkalpinang

Gaji Honorer Pemprov Babel APBD Perubahan 2019 Naik? Ini Kata Wagub

Wakil Gubernur Bangka Belitung Abdul Fatah mengatakan, hal itu masih perlu dibahas lebih lanjut bersama DPRD Babel.

Gaji Honorer Pemprov Babel APBD Perubahan 2019 Naik? Ini Kata Wagub
(BANGKA POS / DEDY Q)
Suasana paripurna DPRD Babel pada Senin (22/7/2019) 

BANGKAPOS.COM-- Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyodorkan Rencana Kebijakan Umum Anggaran Rancangan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (RKUA RPPAS) Perubahan tahun anggaran 2019 pada paripurna DPRD Babel, Senin (22/7/2019). Lalu, jadikah rencana kenaikan gaji honorer Pemprov Babel diusulkan?

Wakil Gubernur Bangka Belitung Abdul Fatah mengatakan, hal itu masih perlu dibahas lebih lanjut bersama DPRD Babel.

"Kami mencoba untuk mengusulkan itu, tetapi ini belum final, tergantung pada bahasan-bahasan tim anggaran pemerintah dan banggar, kalau sudah (disetujui) berarti jadi, kalau terhambat (di pembahasan) berarti belum jadi. Ini masih imagener, dan belum dipastikan iya atau tidak," kata Abdul Fatah seusai paripurna DPRD Babel, Senin (22/7/2019).

Pemerintah sudah memproyeksikan sejumlah perubahan pada APBD 2019.

"Kenaikan itu tergantung bagaimana hasil pembahasan antara pemerintah dengan DPR," katanya.

Terpisah, Pj. Sekda Babel Yulizar mengatakan, tim anggaran pemerintah berencana mengusulkan rencana kenaikan gaji honorer Pemprov Babel pada APBD Perubahan 2019. Sama seperti sebelumnya, gaji honorer direncakan naik dari Rp 2,2 juta menjadi Rp 2,7 juta.

"Iya masuk, kami berencana tambahkan jadi Rp 2,7 juta dari Rp 2,2 juta. Kalau sepakat, naiknya berlaku setelah diketuk anggaran perubahan. Ini untuk membantu kawan-kawan honorer," kata Yulizar, Senin (22/7/2019).

Kabar rencana kenaikan gaji honorer sudah bergulir sejak disampaikan oleh Gubernur Babel Erzaldi Rosman pada Maret 2019 silam. Pada April 2019, Erzaldi juga pernah menyampaikan bahwa gaji honorer akan naik dari Rp 2,2 juta menjadi Rp 2,7 juta.

Belakangan rencana yang awalnya akan dieksekusi pada Mei 2019 ini batal karena terganjal aturan. Saran dari Kemendagri berdasarkan hasil konsultasi Pemprov dan DPRD Babel meminta rencana tersebut harus disetujui melalui mekanisme paripurna.

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman mengatakan rencana kenaikan gaji honorer sebenarnya sudah disiapkan sebagai bagian dari efieisensi anggaran yang dilakukan oleh Pemprov Babel. DPRD Babel kemudian meminta hal ini dikonsultasikan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Halaman
123
Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved