Berita Pangkalpinang

Pertahankan Budaya Bangka, Rias Pengantin Paksian Disosialisasikan

PKK Kota Pangkalpinang dan Kecamatan Bukit Intan melihat tata cara merias dan mengenakan paksian yang kontras berwarna merah dengan payet keemasan.

Pertahankan Budaya Bangka, Rias Pengantin Paksian Disosialisasikan
Bangka Pos/Ira Kurniati
Kecamatan Bukit intan bersama Harpi Pangkalpinang mensosialisasikan rias pengantin adat paksian, Senin (22/7/2019) 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Kecamatan Bukit Intan mengadakan sosialisasi untuk mempertahankan budaya Bangka mengenakan pakaian adat pengantin paksian.

Para ibu-ibu PKK Kota Pangkalpinang dan Kecamatan Bukit Intan ikut serta untuk melihat tata cara merias dan mengenakan paksian yang kontras berwarna merah dengan payet keemasan.

Camat Bukit Intan, Efran mengatakan sosialisasi ini untuk mengedukasi kepada anggota PKK di Kecamatan Bukit intan mempertahankan dan memperkaya khazanah seni budaya ibu kota Babel ini.

"ini kerja sama kami dengan Harpi Pangkalpinang (himpunan ahli rias pengantin Indonesia) untuk sosialisasi mempertahankan budaya kita, yang dimulai dari perangkat daerah nya dulu untuk menyebarluaskan kepada masyarakat," kata Efran, saat monitoring dan evaluasi PKK Pangkalpinang di Kecamatan Bukit Intan, Senin (22/7/2019).

Sementara, ketua TP PKK Pangkalpinang, Monica Haprinda Maulan Aklil mengapresiasi kegiatan rias pengantin dan adat paksian ini. Dia menuturkan, khazanah budaya ini memang sudah seharusnya dijaga, pelihara dan kembangkan. Ia juga mendukung adanya inovasi yang dicetuskan oleh kecamatan ini dalam mendukung pelaksanaan program PKK.

"Tidak hanya perangkat daerah saja yang punya inovasi, kita TP PKK juga bisa melakukan dan memberikan terobosan dalam pelaksanaan program kegiatan. Kami dari TP PKK Pangkalpinang mendukung penuh sekaligus memberikan apresiasi sebesar-besarnya," kata dia.

(Bangka Pos/ Ira Kurniati)

Penulis: Ira Kurniati
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved