Berita Muntok

Angkat Potensi Desa TPID Simpang Teritip Gelar Bursa Inovasi Desa

BID diikuti oleh 3 orang peserta perwakilan dari masing-masing desa, mulai dari unsur kades, BPD, tokoh masyatakat, tokoh agama dan tokoh pemuda.

Angkat Potensi Desa TPID Simpang Teritip Gelar Bursa Inovasi Desa
IST
Kegiatan Bursa Inovasi Desa (BID) atau Bursa Pertukaran Inovasi (BPI) di Kecamatan Simpang Teritip, Kabupaten Bangka Barat, Senin (22/7/2019). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) kecamatan Simpang Teritip menggelar acara Bursa Inovasi Desa (BID) atau Bursa Pertukaran Inovasi (BPI) di Kecamatan Simpang Teritip, Kabupaten Bangka Barat, Senin (22/7/2019).

Ketua Pelaksana Kegiatan, Abdurrahman mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan lanjutan dari program dari Kementerian Desa agar pembangunan di desa lebih tepat guna. Dan mengangkat potensi yang ada di desa itu sendiri.

"Melalui kegiatan ini kita ingin mengangkat potensi yang ada di desa kita. Harapannya agar desa kita lebih maju dan perekonomian di desa tumbuh lebih baik lagi. Kegiatan ini baru pertama kalinya di gelar di Bangka Barat," kata Abdurrahman, Selasa (23/7/2019).

Acara diawali dengan Tari Sambut dari Sanggar Putri Gunung Desa Pelangas.

BID diikuti oleh 3 orang peserta perwakilan dari masing-masing desa, mulai dari unsur kades, BPD, tokoh masyatakat, tokoh agama dan tokoh pemuda.

Rachman juga mengatakan dalam kegiatan ini juga melibatkan Tenaga Ahli sekabupaten Bangka barat, Tim inovasi kabupaten (TIK), Pendamping desa, Pendamping lokal desa, Tim Pelaksana Inovasi Desa, pihak kecamatan, Dinas Sosial, juga instansi-instansi terkait lainnya di Bangka Barat.

"Tema yang kita usung dalam kegiatan ini "Datang, tiru, komit, maju". Kegiatan BID ini juga tak lepas dari kearifan lokal setempat. Kita lihat dari busana adat yang dikenakan para peserta, panitia, juga tamu undangan lainnya," kata Abdurrahman.

Hadir dalam kegiatan tersebut Asisten I Pemkab Bangka Barat, Muhammad Soleh mewakili Bupati Bangka Barat, Markus, dan camat simpang Teritip, Wasino.

Soleh memberikan apresiasi terselenggaranya BID di Kecamatan Simpang Teritip. Apalagi peserta yang hadir dan para tamu undangan mengenakan pakaian adat.

"Ini adalah bentuk kepedulian kita untuk menjaga kearifan lokal yang ada di daerah kita" ungkapnya.

Dia berharap BID bisa menjadi wadah pertukaran informasi, referensi untuk membangun dan mengembangkan potensi desa agar taraf hidup masyarakat menjadi lebih baik.

"Semoga dengan adanya kegiatan ini desa-desa yang ada di kabupaten bangka barat, khususnya kecamatan simpang teritip bisa lebih maju dan maju lagi," pungkasnya.

(Bangka Pos / Hendra)

Penulis: Hendra
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved