Berita Sungailiat

Dukcapil Bangka Cetak 21 Ribu KIA, Pemegang Kartu Dapat Sejumlah Diskon Belanja dan Rekreasi

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Pemkab Bangka telah memberikan kartu identitas anak (KIA) kepada anak usia 0-17 tahun

Bangkapos/Riki Pratama
Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Bangka Rahmat Gunawan. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA--Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Pemkab Bangka telah memberikan kartu identitas anak (KIA) kepada anak usia 0-17 tahun sejak Oktober 2018 lalu, selama satu tahun berjalan total 21 ribu KIA telah diberikan kepada anak anak di Bangka.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Bangka Rahmat Gunawan, mengatakan, Kabupaten Bangka telah memulai memberikan Kartu Identitas Anak (KIA) satu tahun lalu.

"Sekarang yang sudah di cetak sebanyak 21 ribu lebih sampai sekarang. KIA ini diberikan untuk pemenuhan hak anak karena selama ini identitas hanya untuk penduduk usia 17 tahun ke atas sekarang identitas anak, begitu ia lahir langsung diberikan identitas anak ini, untuk pemenuhan hak anak," jelas Rahmat Gunawan kepada wartawan, Selasa (23/7/2019).

Ia menambahkan, dengan memiliki kepemilikan kartu identitas anak bisa digunakan untuk berbagai hal dalam upaya untuk melengkapi administrasi anak

"Ini untuk buat buku bank, mau keluar daerah, keperluan apapun berdasarkan KK, kalau sudah punya KIA bisa dimanfaat kemudian KIA ini tidak hanya sebagai identitas anak, tetapi ada nilai lebihnya karena Dukcapil Bangka ada kerjasama dengan mitra bisnis, sudah setahun lewat bekerjasama dengan pemandian air panas di Pemali ada diskon 50 persen bagi anak yang memiliki KIA untuk hari normal, bukan Sabtu Minggu," ungkapnya.

Selain itu, sambungnya mitra bisnis lainya dengan pantai Tanjung Pesona Beach yang normal harganya Rp 10 bagi anak memiliki KIA menjadi Rp 5 ribu, untuk tiket masuk Dolpin Park itu tanpa evens digunakan pada hari biasa.

"Termasuk ke Parai Beach mereka memberikan diskon tarif normalnya Rp 25 ribu satu orang tiket masuk, menjadi Rp 15 ribu itu inklut dengan teh pucuk harum dan mandi di kolam renang, bagi anak punya KIA dan Toko Buku Pustaka Ilmu Sungailiat Kampung nelayan memiliki KIA potongan harga 10 persen, dan Toko Buku Tumber Agung diskon 10 persen, tunjukan KIA, itu di khuskan untuk anak dari Kabupaten Bangka," ungkapnya.

(Bangkapos/Riki Pratama)

Tags
Dukcapil
Penulis: Riki Pratama
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved