Berita Pangkalpinang

Ini Manfaat Senam Tai Chi untuk Meminimalisi Stroke

Senam memperagakan sejumlah gerakan seperti merenggangkan jari, menepuk-nepuk pergelangan tangan, lengan hingga ke pinggang.

Ini Manfaat Senam Tai Chi untuk Meminimalisi Stroke
Bangkapos.com/Dedy Qurniawan
Senam Tai Chi yang diperagakan pada pelatihan instruktur dan olahraga lansia yang digelar Kemenpora RI di Soll Marina Hotel, Selasa (23/7/2019) 

BANGKAPOS.COM-- Sekitar lima orang Lansia memperagakan senam Tai Chi pada acara pelatihan instruktur dan olahraga senam Lansia yang digelar Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI di Soll Marina Hotel, Selasa (23/7/2019). Senam memperagakan sejumlah gerakan seperti merenggangkan jari, menepuk-nepuk pergelangan tangan, lengan hingga ke pinggang.

Pada akhir senam, para instrukuktur kemudian memperagakan gerakan khas beladiri asal Tiongkok, Tai Chi. Senam ini dipercaya dapat mengurangi potensi stroke dan meningkatkan daya ingat para lansia.

Senam Tai Chi adalah satu dari bentuk senam kreasi komunitas masyarakat. Asisten Deputi Pengembangan Olahraga Tradisional dan Layanan Khusus Kemenpora RI Aris Subiyono,mengatakan, saat ini pihaknya memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk mengembangkan senam-senam kreasi.

"Jadi sekarang beda eranya dengan dulu, tidak ada pembakuan senam khusus... Tai Chi ada, senam jantung sehat ada," kata Aris, Selasa (23/7/2019)

Selama,Selasa (23/7/2019) dan Rabu (28/7/2019), sekitar 80-an instruktur dan penggerak olahraga lansia di Bangka Belitung dilatih. Para instruktur akan dilatih materi teori hingga praktik terkait olahraga lansia sampai urusan gizi dan sistem energi lansia.

Aris mengatakan, para instuktur diharapkan menyebarkan materi pelatihan instruktur lansia di wilayahnya masing-masing.
"Kami harapkan kepada mereka di daerah supaya pelatihan ini bisa dilanjutkan. Karena Kemenpora tiap tahun cuma sekali di satu provinsi," kata Aris, Selasa (23/7/2019)

Menurut Aris, tingkat partisipasi olahraga dan kebugaran lansia belum seperti yang diharapkan. Padahal seiring dengan angka keharapan hidup yang semakin tinggi, lansia idealnya harus tetap aktif dan produktif dalam mengisi hari tua.

"Partisipasi olahraga dan kebugaran lansia ini memang kami rasakan belum seperti yang diharapkan. Tahun depan kami akan adakan festival senam lansia besar-besaran di Jakarta," kata Aris

Kepala Dinas Kemepudaan dan Olahraga Kepulauan Babel Suharto Suharto mengatakan, senam Tai Chi diakui berguna untuk mencegah stroke dan meningjatkan daya ingat. Ini terbukti dari beberapa lansia yang masih segar bugar karena rutin melakukan senam ini.
"Ada bapak yang dari Tai Chi tadi usianya sudah 84 tahun, ini sudah terbukti. Ada juga yang 71 tahun masih segar bugar," kata Suharto

Suharto mengapresiasi perhatian kemenpora. Olahraga bagi lansia akan menambah panjang angka harapan hidup. "Dengan pelatihan ini, minimal para instruktur bisa memasyarakatkan olahraga senam ini bagi lansia," ujarnya. (Bangkapos.com/Dedy Qurniawan)

Caption: Senam Tai Chi yang diperagakan pada pelatihan instruktur dan olahraga lansia yang digelar Kemenpora RI di Soll Marina Hotel, Selasa (23/7/2019). (Bangkapos.com/Dedy Qurnaiwan)

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved