Tahun Depan Babel Akan Jadi Tuan Rumah Festival Olahraga Tradisonal

Kepulauan Bangka Belitung (Babel) akan menjadi tuan rumah festival olahraga tradisonal pada 2020 mendatang.

Tahun Depan Babel Akan Jadi Tuan Rumah Festival Olahraga Tradisonal
Bangka Pos/Dedi Qurniawan
Asisten Deputi Pengembangan Olahraga Tradisional dan Layanan Khusus Kemenpora RI Aris Subiyono 

Tahun Depan Babel Akan Jadi Tuan Rumah Festival Olahraga Tradisonal

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Kepulauan Bangka Belitung (Babel) akan menjadi tuan rumah festival olahraga tradisonal pada 2020 mendatang.

Asisten Deputi Pengembangan Olahraga Tradisional dan Layanan Khusus Kemenpora RI Aris Subiyono mengatakan, festival akan digelar di Pulau Belitung.

Festival akan diikuti oleh kabupaten kota di Indonesia. "Satu di antara alasan adalah semakin berkurangnya minat generasi muda terhadap olahraga nasional. Mereka lebih menyukai hal-hal yang sifatnya teknologi," kata Aris di Soll Marina Hotel, Selasa (23/7/2019).

Dia membeberkan, 78 persen anak-anak dan remaja usia delapan tahun hingga 10 tahun telah memegang gawai.

Hanya 27 persen anak-anak yang terbiasa dengan berolahraga.

"Kami coba memulai, bahwa olahraga itu bukan hanya olahraga prestasi, tetapi menghidupkan kembali olahraga tradisional kita. Yang baru diangkat jadi olahraga prestasi itu baru pencaksilat dan takraw, sementara Indonesia masih punya banyak, ada egrang, hadang, dan sebagainya. Ini kami harapkan bisa diangkat jadi prestasi dan dikenal orang," beber Aris.

Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kepulauan Bangka Belitung Suharto mengatakan, festival olahraga tradisional bertujuan agar olahraga ini tidak dilupakan generasi muda. Babel sendiri telah mengembangkan olahraga tradisional seperti egrang, supit, dan bakiak.

"Jangan sampai dilupakan generasi muda. Kekayaan budaya di daerah itubharus digali menjadi olahraga prestasi," kata Suharto

(bangkapos.com / Dedy Qurniawan)

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved