BPBD Fokus Bekali Pengetahuan Terkait Pemulihan Pasca Bencana

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melaksanakan Bimbingan Teknis tentang Pemulihan Kesehatan

BPBD Fokus Bekali Pengetahuan Terkait Pemulihan Pasca Bencana
ist Nona DP
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melaksanakan Bimbingan Teknis tentang Pemulihan Kesehatan Psikis Masyarakat Pasca Bencana Kabupaten/ Kota dan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di Sun Hotel, Senin (24/07) 

BPBD Fokus Bekali Pengetahuan Terkait Pemulihan Pasca Bencana

BANGKAPOS.COM - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melaksanakan Bimbingan Teknis tentang Pemulihan Kesehatan Psikis Masyarakat Pasca Bencana Kabupaten/ Kota dan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Bimtek yang diselenggarakan di Sun Hotel, Senin (24/07) ini terlaksana terhitung 24 hingga 26 Juli 2019. Peserta dalam kegiatan ini berjumlah 30 orang yang terdiri dari BPBD Babel sendiri, perwakilan OPD di lingkungan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, BPBD atau Satuan Polisi Pamong Praja Bidang Penanggulangan Bencana dan Dinas Kesehatan Kabupaten/ Kota se Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan perwakilan Komunitas Kampung Dongeng Bangka Belitung.

Pentingnya pemulihan pasca bencana ini sehingga diberi perhatian khusus dengan membekali SDM tentang kesiapan menghadapi bencana dan pemulihan pasca bencana. Mengingat hal ini, BPBD terus meningkatkan pengetahuan seperti dengan dilaksanakannya Bimtek.

Dalam Bimtek kali ini, diberikan materi yang lebih terfokus dengan Pemulihan Pasca Bencana, diantaranya Materi Tugas, Fungsi dan Peran BPBD dalam pelaksanaan penanggulangan bencana di daerah, Materi dampak psikososial dari suatu bencana, Materi psychological first aid, Materi Dukungan Psikososial pada anak, Materi Assesment psikososial, Materi keterampilan dasar pekerjaan sosial dalam mendampingi penyintas, Materi teknik relaksasi untuk anak-anak, hingga Materi dinamika kelompok dan pengukuhan tim relawan psikososial penanggulangan bencana Bangka Belitung.

Bahkan narasumber yang dihadirkan merupakan nasumber-nasumber yang berkompeten di Bangka Belitung, seperti STKS Bandung, Kepala BPBD Babel, Biro SDM Polda Babel, RSJD Babel, Himpunan Psikologi Indonesia Babel dan IAIN Syaikh Abdurrachman Siddik (SAS) Babel.

Materi-materi dengan Narasumber yang dihadirkan dalam Bimtek ini diharapkan mampu membekali peserta secara pribadi, keluarga dan masyarakat sekitar. Selain itu, dengan bekal ilmu pengetahun saat terjadi bencana mampu menjalankan tugas seperti sebelum terjadi bencana, mampu mengendalikan emosi atau psikologi bagi korban yang mengalami kecemasan psikologis dan gangguan kesehatan mental.

“Sehingga pada saat bencana terjadi, SDM ini mampu memberikan pertolongan kepada masyarakat untuk meringankan beban psikologis akibat bencana”, ungkap Mikron Antariksa, Kepala BPBD Babel dan berharap dapat mencegah terjadinya dampak paikologis lanjutan yang mengarah pada gangguan mental.

Editor: Evan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved