Breaking News:

Berita Bangka Tengah

Ingin Beli Hewan Kurban, Ini Ciri-Ciri Kambing dan Sapi yang Sehat

Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriah tidak lama lagi dan masyarakat muslim sudah mulai berencana untuk membeli hewan untuk keperluan berkurban.

Bangkapos.com/Jhoni Kurniawan
Kepala Kantor Kemenag Bangka Tengah, Muhammadiah 

BANGKAPOS.COM-- Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriah tidak lama lagi dan masyarakat muslim sudah mulai berencana untuk membeli hewan untuk keperluan berkurban. Untuk itu umat Islam perlu mengetahui ciri-ciri hewan kurban yang baik dan sehat.

Kepala Kanwil Kementerian Agama Kabupaten Bangka Tengah, Muhammadiah menyampaikan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum masyarakat umat muslim berencana membeli hewan kurban.

Diantaranya menurut Muhammadiah yaitu secara fisik terutama bulu hewan, baik itu kambing ataupun sapi harus bersih agar menjadikan hewan kurban dalam keadaan sehat.

Hewan kurban juga harus dicek kesehatannya agar tidak dijual/dibeli dalam keadaan yang tidak sehat dan tidak ada sakit ataupun cacat.

Selain itu juga bisa dilihat dari kondisi gigi kambing. Jika giginya sudah lengkap, besar dan bagus maka bisa dijadikan hewan kurban.

"Sedangkan kalau untuk sapi maka dilihat bentuk tanduknya, kalau sudah agak panjang maka dapat dijadikan hewan kurban," jelas Muhammadiah kepada bangkapos.com pada Rabu, (24/7/2019)

Muhammadiah juga kembali mengingatkan kepada umat muslim jika satu ekor kambing dikurbankan  bagi satu jiwa sedangkan satu ekor sapi bisa untuk tujuh jiwa. (Bangkapos.com/Jhoni Kurniawan)

Penulis: Jhoni Kurniawan
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved