Berita Pangkalpinang

Jelang Idul Adha, Kasi Karantina Hewan Santoso: Insyaallah Tak Ada Penyakit Berbahaya

Hewan yang datang ke Bangka Belitung sebelumnya sudah mendapatkan sertifikat kesehatan dari Dinas atau Instansi terkait dari daerah asal hewan

Jelang Idul Adha, Kasi Karantina Hewan Santoso: Insyaallah Tak Ada Penyakit Berbahaya
Bangka Pos/Rizky Irianda Pahlevy
Kasi Karantina Hewan Balai Karantina Pertanian Kelas II Pangkalpinang, Akhir Santoso, Rabu (24/7). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Berbagai hewan yang masuk jelang pasokan untuk memenuhi kebutuhan Idul Adha dipastikan aman dari penyakit berbahaya, Rabu (24/7).

Hal ini disampaikan Kasi Karantina hewan Akhir Santoso, seizin Kepala Balai Karantina Pertanian Kelas II Pangkalpinang Saifuddin Zuhri.

"Kita yakinkan tidak ada penyakit seperti Brucellocis, Jembrana dan Antraks yang masuk ke Bangka Belitung. Sampai disini nanti petugas kami akan melakukan pemeriksaan dokumen, pemeriksaan fisik, lalu kita masukkan ke instalasi karantina hewan untuk dilakukan pengasingan dan pengamatan," ujar Santoso.

Lebih lanjut hewan yang datang ke Bangka Belitung sebelumnya sudah mendapatkan sertifikat kesehatan dari Dinas atau Instansi terkait dari daerah asal hewan tersebut seperti dari Madura, Lampung dan Palembang.

Usai mendapatkan sertifikat kesehatan, hewan yang sampai di Bangka Belitung juga akan menjalani karantina untuk mendapatkan sertifikat pelepasan.

"Jadi di karantina hewan ini kita lihat lagi apakah ada yang sakit, kalau ada yang sakit kita berikan antibiotik atau vitamin biar sehat. Setelah sehat baru kita terbitkan sertifikat pelepasan, artinya sudah ada jaminan kalau hewan-hewan tersebut sehat," tambahnya.

Sementara itu Santoso mengungkapkan selama ini hewan yang masuk ke Bangka Belitung terhindar dari penyakit berbahaya dan hanya mengalami penyakit ringan saja.

"Selama ini sehat dan tidak ada dari tiga penyakit tadi yang masuk ke Bangka Belitung. Paling nanti penyakit ringan saja seperti kecapean, demam ataupun nafsu makan berkurang," tuturnya.

(Bangka Pos/Rizky Irianda Pahlevy)
 

Penulis: Rizki Irianda Pahlevy
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved