Advetorial

Kelurahan Temberan Siap Melangkah Ke Tingkat Nasional

KELURAHAN Temberan, Kecamatan Bukit Intan, Pangkalpinang menjadi wakil Bangka ­Belitung dalam Lomba Kelurahan Terbaik Tingkat Nasional

Kelurahan Temberan Siap Melangkah Ke Tingkat Nasional
ist/Kelurahan Temberan Siap Melangkah Ke Tingkat Nasional
Kita berikan yang terbaik untuk mewakili Bangka Belitung ini. Saya juga yakin, ini tidak bisa dicapai tanpa kerja keras pihak kelurahan, kecamatan dan PKK Pangkalpinang,” ujar Sopian kepada Bangka Pos Group, Selasa (23/7) 

BANGKAPOS.COM-- Wakil Wali Kota Pangkalpinang, Muhammad Sopian, mengapresiasi perjuang­an pihak kelurahan yang selama proses persiapan ini menjadi perwakilan Pangkalpinang hingga menjadi yang terbaik di Bangka Belitung. Kini Kelurahan Temberan tinggal menunggu Tim Penilai untuk mewakili Regional I Sumatera. Saat ini Kelurahan Temberan telah menduduki peringkat 5 Regional I Sumatera dan sedang berjuang dan melangkah ke tiga besar regional tersebut.

“Alhamdulillah berkat dukungam masyarakat yang telah berpartisipasi aktif sehingga capaian ini bisa kita dapatkan. Kita berikan yang terbaik untuk mewakili Bangka Belitung ini. Saya juga yakin, ini tidak bisa dicapai tanpa kerja keras pihak kelurahan, kecamatan dan PKK Pangkalpinang,” ujar Sopian kepada Bangka Pos Group, Selasa (23/7/2019).

Dia berharap, data di lapangan yang dikirimkan ke pusat dan hasil tim penilai memang yang terbaik.
Berbagai inovasi yang dicetuskan kelurahan ini sejak 2018 lalu diantaranya Maspelin (Masyarakat Peduli Lingkungan) dan Temberan Tersenyum. Kedua program unggulan ini dimasukkan dalam indikator inovasi untuk Tim Penilai Regional I Sumatera.

Maspelin diadakan bersinergi dengan pihak puskesmas setempat untuk kepedulian kebersihan lingkungan, baik itu di rumah ataupun lingkungan umum. Sedangkan Temberan Tersenyum, sebuah program yang diprakarsai bersama karang taruna setempat. Sasarannya yakni masyarakat kurang mampu yang sedang dalam keadaan sakit dan membutuhkan bia­ya sehingga pemuda karang taruna terlibat melakukan penggalangan dana untuk yang bersangkutan.

“Di tahun 2019 ini juga kami mengeluarkan inovasi Anjeli (Antar Jemput Akte Kelahiran dan Kematian). Kami meminta RT dengan sistem jemput bola, mereka siapkan dokumen dan kami akan proses. Nanti kami yang akan koordinasi deng­an Dinas Dukcapil,” jelas Lurah Temberan, Iswansyah.

Selain berbagai inovasi, Kelurahan Temberan juga memiliki produk unggulan yang sudah terkenal hingga dikirim ke luar Bangka dan luar negeri. UMKM Zulaika yang memproduksi kue lapis susu menjadi produk unggulan untuk mendukung indikator tercapainya kelurahan terbaik di tingkat nasional.

Iswansyah merasa optimis, dengan jerih payah pihak kelurahan yang dibantu berbagai pihak, pemerintah dan stakeholder lainnya dapat memberikan hasil terbaik untuk mewakili Regional I Sumatera berlaga pada tingkat nasional.

Ketua TP PKK Pangkalpinang, Monica Haprinda Maulan Aklil juga terlihat meninjau stan UMKM Zulaika, yang terkenal dengan kue lapis susu. Produk ini juga menjadi produk andalan yang dicetuskan Kelurahan Temberan, Kecamatan Bukit Intan, Pangkalpinang untuk mengikuti lomba kelurahan di tingkat nasional mewakili Bangka belitung. Monica meyakini dengan berbagai jenis kue milik Zulaika ini mampu mendukung Kelurahan Temberan untuk kategori produk unggulan.

“Kalau Kue Lapis Zulaika saya yakin dengan kualitas rasanya. Penjualannya sudah sampai ke luar negeri. Kita berharap, dengan berbagai indikator ini mampu menjadikan kelurahan ini terbaik mewakili Babel ke nasional. Beberapa minggu lalu baik itu dari pemerintah maupun PKK juga membantu pembenahan dan data-data yang ada di lapangan,” paparnya.

Dia berharap seluruh inovasi dan produk unggulan yang dimiliki Kelurahan Temberan mampu memberikan nilai terbaik untuk masuk tiga besar regional Sumatera, dan menjadi wakil regional Sumatera di tingkat nasional. Selain itu, dengan produk UMKM yang sudah terkenal ini, Monica berharap bakal ada UMKM-UMKM lain yang dikenal hingga kancah dunia, berasal dari Pangkalpinang.

Sementara itu Tim Klarifikasi Lapangan, Yani Hutamada, mengatakan, pihaknya melakukan monitoring untuk mengecek apakah datang yang dikirimkan ke pusat sama dengan kondisi nyata di lapangan. Aspek yang dinilai diantaranya penyelenggaraan administrasi pemerintahan, inisiatif inovasi, penataan wilayah, pemberdayaan masyarakat, produk unggulan dan juga partisipasi masyarakat.

Yani menambahkan, melalui lomba desa/kelurahan ini diharapkan pemerintah dapat mendorong mengoptimalkan potensi yang ada di wilayahnya. Dia juga mengapresiasi capaian yang didapatkan kelurahan ini hingga mampu menjadi utusan dari Bumi Serumpun Sebalai.

“Apapun hasil nanti, kami berharap akan terus tertata lebih baik dan meningkatkan kinerja pemerintah untuk kemakmuran masyarakat,” tuturnya. Dia berharap, yang didapatkan Kelurahan Temberan saat ini dapat menjadi contoh bagi desa/kelurahan lain untuk penyelenggaraan pemerintahan yang baik dan pemberdayaan masyarakat. (adv/q6/may)

Penulis: iklan bangkapos
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved