Breaking News:

Berita Sungailiat

Perda Zonasi Diharapkan Bisa Pisahkan Kawasan Penambang dan Perikanan di Kabupaten Bangka

Pembahasan rencana Perda RZWP3K oleh DPRD Provinsi Babel diharapkan bisa memisahkan pertambangan dan perikanan

Penulis: Riki Pratama | Editor: nurhayati
Perda Zonasi Diharapkan Bisa Pisahkan Kawasan Penambang dan Perikanan di Kabupaten Bangka
Bangkapos.com/Nurhayati
TI Apung yang beroperasi di perairan dekat Pelabuhan Jelitik Sungailiat. Foto diambil saat ujicoba kapal patroli Elang Laut, DKP Kabupaten Bangka beberapa waktu lalu.

BANGKAPOS.COM-- Pembahasan rencana Peraturan Daerah (Perda) Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil (RZWP3K) oleh DPRD Provinsi Babel diharapkan bisa memisahkan mana wilayah tambang dan perikanan di Kabupaten Bangka.

Ini dilakukan karena melihat banyak wilayah tangkap nelayan dikacaukan oleh pertambangan sehingga membuat nelayan harus jauh menempuh puluhan mil untuk mendapatkan ikan.

"Kita harapkan zonasi kelak akan diatur masalah pertambanagan ini, saat ini DPRD Provinsi Babel sedang melakukan pertemuan terkait zona pertambangan dan perikanan tidak bisa disatukan. Bila seperti ini kedepannya, kita tidak akan ketemu ikan ekor dan ikan lainnya, salah satu solusinya mempercepat penyelesaian zonasi tadi," jelas Kabid Pemberdayaan Nelayan Kecil, Dinas Perikanan, Kabupaten Bangka, Ibnu Taufik Hidayat, kepada wartawan, Rabu (24/7/2019).

Ia menegaskan, persoalan pertambangan tidak bisa disatukan sehingga perlu pengaturan wilayah mana yang harus ditambang dan mana untuk wilayah tangkapan nelayan.

"Pertambangan dan perikanan harus adanya rencana zonasi itu, kedepan adanya pengaturan terkait dengan ruang. Kalau pariwisata dengan perikanan mungkin menyatu tetapi bila dengan pertambangan tidak bisa, sebab, banyak perairan yang banyak karang menjadi lokasi pemijahan serta pembesaran ikan yang harus jauh dari pertambangan, sehingga mereka bisa berreproduksi," tegasnya (Bangkapos.com/Riki Pratama)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved