Stand Pameran PKK Babel Ramai Pengunjung, Ini Rahasianya

Ada kerajinan tangan berupa anyaman kopiah resam, tudung saji dan berbagai produk kain cual. Produk kain cual ini pun memikat sejumlah pengunjung.

Stand Pameran PKK Babel Ramai Pengunjung, Ini Rahasianya
Istimewa
Stand pameran PKK Babel ramai pengunjung 

BANGKAPOS.COM, PADANG -- Stand pameran PKK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ramai dikunjungi peserta dari berbagai penjuru negeri. Pasalnya sejumlah produk unik ditampilkan saat pameran di lapangan RTH Imam Bonjol, Padang, Rabu (24/7/2019). Dijadwalkan kegiatan dalam rangka Hari Kegiatan Gerak (HKG) PKK ke 47 ini berlangsung hingga empat hari ke depan.

Kegiatan ini diikuti sejumlah PKK tingkat provinsi, kabupaten/kota serta pelaku usaha di bidang UMKM. Saat membuka kegiatan, Ketua Umum Tim Penggerak PKK Pusat dr. Erni Guntarti Tjahjo Kumolo mengatakan, pameran merupakan upaya memperkenalkan dan mensosialisasikan program dan produk PKK.

Adanya program PKK, Erni mengharapkan ada peningkatan perekonomian keluarga. Sebab produk yang dipamerkan menjadi dikenal konsumen. Produk ini tidak hanya bisa dilihat, melainkan pengunjung bisa membeli langsung sejumlah produk yang dipamerkan.

Kendati bahan untuk membuat produk sama, namun dengan kreativitas menjadikan produk berbeda-beda. Erni menambahkan, semua provinsi menampilkan produk unggulan masing-masing. Produk kerajinan, makanan dan produk lainnya ini merupakan karya nyata dari program PKK.

"Ini upaya meningkatkan pendapatan keluarga. Produk pameran mencerminkan pemberdayaan keluarga. Melalui ajang pameran bisa saling bertukar informasi. Lalu kembangkan informasi sesuai potensi di daerah," harap Erni saat membuka kegiatan tersebut.

Stand pameran PKK Babel ramai pengunjung
Stand pameran PKK Babel ramai pengunjung (Istimewa)

Berbagai produk ditampilkan di stand Babel di antaranya, sirup Mengkudu, Madu Kelulut, manisan Belimbing Wuluh, Terasi Bakar, Abon Ayam, biji lada, bubuk lada hingga makanan olahan hasil laut. Makanan hasil olahan laut ini menjadi incaran para konsumen karena kenikmatan rasanya.

Selain itu, ada juga kerajinan tangan berupa anyaman kopiah resam, tudung saji dan berbagai produk kain cual. Produk kain cual inipun memikat sejumlah pengunjung. Motif yang terlukis di baju dan lembaran kain cual produk Bangka Belitung memiliki kekhasan kearifan lokal.

Wakil Ketua I TP PKK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Ny Laksmi Damayanti Abdul Fatah menyempatkan berkunjung ke stand PKK Babel. Ia bangga dengan kualitas produk yang dipamerkan di stand Babel. Baru satu hari digelar pameran, produk di display sudah hampir habis terjual.

Ada beberapa produk yang dipajang sudah menjadi pesanan konsumen. Lebih jauh Laksmi mengatakan, ini bukti produk dari Babel dicari konsumen. Tak hanya produk makanan menjadi incaran, sebab produk berupa pakaian juga laris manis diserbu pembeli.

"Semoga dengan menjadinya Bangka Belitung sebagai tuan rumah penyelenggaraan HKG PKK tahun depan, membuat daerah kita semakin terkenal. Kita berharap produk Babel dikenal seluruh Indonesia," harap Laksmi.

Membangkitkan Kreasi

Sementara Irwan Prayitno Gubernur Sumatera Barat mengapresiasi kedatangan sejumlah pengurus PKK memperkenalkan, mempromosikan produk dari daerah masing-masing. Kegiatan ini layak digelar setiap tahun, agar mampu membangkitkan kreasi, inovasi demi terwujudnya kesejahteraan keluarga.

"Ibu-ibu PKK bekerja tanpa pamrih. Bekerja tidak hanya untuk keluarga, tetapi untuk masyarakat. Diharapkan peserta kegiatan tidak hanya melihat produk, tapi juga membeli hasil produksi kerja PKK," harapnya.

Editor: Ardhina Trisila Sakti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved