Berita Sungailiat

Akhirnya Dipindahkan, Kandang Babi Dj Dalam Pengawasan Satpol PP Bangka

Akhirnya peternakan babi milik Warga Desa Rebo Sungailiat Bangka berinisial Dj, dipindahkan menjauh dari pemukiman

Akhirnya Dipindahkan, Kandang Babi Dj Dalam Pengawasan Satpol PP Bangka
Ist/Suherman
Kandang babi milik DJR alias CD di Desa Rebo Sungailiat Bangka menuai protes warga. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Akhirnya peternakan babi milik Warga Desa Rebo Sungailiat Bangka berinisial Dj, dipindahkan menjauh dari pemukiman.

Proses pemindahan kandang itu dilakukan sesuai kesepakatan setelah adanya mediasi oleh tim gabungan. Kini kandang babi Dj dalam pengawasan Tim Satpol PP Bangka.

Kepala Kantor Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Bangka, Dalyan Amrie diwakili Kabid Perundang-Undangan, Achmad Suherman kepada Bangka Pos, Kamis (25/7/2019) menyatakan, pantauan telah mereka lakukan. 

"Pemantauan lanjutan perternakan babi di Desa Rebo pasca pertikaian antara pemilik perternakan (Dj) dengan warga yang melapor (Tn), sesuai perjanjian dan kesepakatan yang dituangkan dalam mediasi sebelumnya, berjalan lancar," kata Suherman.

Perjanjian sudah ditandatangani kedua pihak. Dj selaku  pemilik perternakan babi dipastikan sudah memindahkan kandang ternaknya.

"Yaitu dengan membuat kandang baru sesuai prosedur yang telah ditetapkan oleh Dinas Pertanian Perternakan Bangka," katanya.

Yang paling penting lanjut Suherman, kini status kandang baru milik Dj sudah terdaftar di Dinas Pertanian Perternakan Bangka.

Dinas terkait juga telah melakukan survei tempat dan memberikan arahan teknis pembuatan kandang babi sesuai standar kepada Dj selaku pemiliknya.

"Sekarang realisasi dari perjanjian kedua belah pihak di kantor kades tempohari sudah terlaksana. Makanya kami pantau dan lakukan pengawasan atau pembinaan," tegasnya.

Pada edisi sebelumnya disebutkan, peternakan babi kembali dikeluhkan warga. Ketika itu seorang peternak babi di Desa Rebo Sungailiat Bangka berinisial Dj dilaporkan oleh warga setempat berinisial Tn ke aparat pemerintahan karena tak tahan mencium bau busuk peternakan tersebut.

Tim Pol PP datang ke peternakan itu tak sekedar memeriksa laporan pencemaran lingkungan, namun sekaligus memediasi kedua warga yang bertikai karena bau busuk.(BANGKAPOS/ferylaskari)

Penulis: ferylaskari
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved