Berita Pangkalpinang

Harga Makam di Pemakaman Sentosa Mencapai Ratusan Juta, Ini Sebabnya

Yayasan Sentosa dibangun atas asas gotong royong masyarakat Tionghoa ini pertama kali didirikan pada tahun 1935

Harga Makam di Pemakaman Sentosa Mencapai Ratusan Juta, Ini Sebabnya
Bangka Pos/Muhammad Rizki
Pemakaman umum Sentosa, Pangkalpinang. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA  - Pemakaman Umum Sentosa yang membentang dengan luas lahan 19,6 hektare tentunya sudah dikenal luas oleh masyarakat Pangkalpinang. Yayasan yang dibangun atas asas gotong royong masyarakat Tionghoa ini pertama kali didirikan pada tahun 1935, dengan nama Tjung Hoa Kung Mu Yen (Perkuburan Umum Tionghoa), barulah di pada  30 April 2002 dirubah menjadi Yayasan Sentosa.

Pelaksana harian yayasan pemakaman sentosa Fennie mengatakan jika sebenarnya luas area pemakaman ini mencapai 20 hektare lebih, namun dikarenakan dihibahkan ke pemerintah kota Pangkalpinang untuk membangun sarana publik, sehingga luas lahan pemakaman jadi 19,6 hektare.

Untuk harga makam di pemakan sentosa Fennie mengatakan jika sangat bervariasi, mulai yang termurah dibawah Rp 10 juta, sampai ada yang mencapai ratusan juta, tergantung isi kantong keluarga dari jenazah.

"Paling murah dibawah Rp 10 juta ada, tapi kalau yang paling mahal biasanya tergantung dari bahan makamnya, ada yang dari batu granit, belum lagi yang pakai patung ukiran, ratusan juta lah," ujar Fennie, Kamis (25/7) kepada bangkapos.com.

Fennie menambahkan jika ada tradisi dari kepercayaan masyarakat Tionghoa, untuk memberikan yang terbaik bagi pemakaman keluarga mereka, sehingga bagi mereka yang berkocek tebal tidak akan ragu untuk menggelontorkan rupiah bagi "rumah terakhir" untuk keluarga mereka.

Namun dikarenakan untuk mereka yang tidak mampu, Fennie mengatakan tak jarang pihak Yayasan memberikan bantuan pemakaman secara cuma-cuma, alias gratis.

(Bangka Pos/Muhammad Rizki)

Penulis: Muhammad Rizki
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved