Jemaah Haji Pangkalpinang Selesai Tawaf Umroh, Tapi Ada yang Tunggu Tenaga Pendorong Kursi Roda

Kondisi semua jemaah dalam keadaan sehat wal’afiat, namun ada juga yang kondisi tubuhnya kurang begitu fit

Jemaah Haji Pangkalpinang Selesai Tawaf Umroh, Tapi Ada yang Tunggu Tenaga Pendorong Kursi Roda
Istimewa
H Abdul Rohim, Tim Pembimbing Ibadah Haji Kloter 9 PLM. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Jemaah haji Indonesia Kloter 9 PLM (Palembang) asal dari Kota Pangkalpinang, Kabupaten Bangka Barat dan Kota Palembang sudah menyelesaikan tawaf umroh, yaitu tawaf yang dilaksanakan sebagai rangkaian dari ibadah haji Tamattu'.

"Pelaksanaan tawaf umroh tersebut sudah dilaksanakan pada pukul 01.00 dini hari dan selesai sekitar pukul 03.00 WAS," kata H Abdul Rohim,, Tim Pembimbing Ibadah Haji Kloter 9 PLM) melalui pesan WA-nya, Kamis (25/07/2019).

Abdul Rohim menyampaikan kondisi semua jemaah dalam keadaan sehat wal’afiat, namun ada juga yang kondisi tubuhnya kurang begitu fit. Jemaah yang kurang sehat itu belum melaksanakan umroh karena menunggu tenaga untuk didorong menggunakan kursi roda.

“Untuk cuaca di Kota Mekkah ini tidak berbeda dengan cuaca di Kota Madinah, tapi terasa lebih sejuk dibandingkan Kota Madinah. Tadi subuh kami sempat mencatat bahwa suhu mencapai sekitar 30,3 derajat Celcius pada pukul 03.00 WAS,” ujarnya.

Ditambahkannya, setelah melaksanakan Tawaf Umrah, Sa'i dan Tahalul, seluruh jemaah nantinya akan melaksanakan dam haji sebagai rangkaian ibadah haji yang mereka lakukan, yaitu dam haji tamattu dengan melaksanakan pemotongan hewan sebagai konsekuensi dari mengambil prosesi haji dengan cara Tamattu’.

“Pelaksanaan dam tersebut dilakukan melalui muqimin (orang asli Indonesia yang bermukim di Mekkah) dan mereka setiap tahunnya memang sudah biasa membantu jemaah haji Indonesia dalam pelaksanaan dam, qurban dan lain sebagainya.” jelasnya.

(Bangka Pos/Edwardi)

Penulis: edwardi
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved