Berita Pangkalpinang

Pemkot Siapkan Rp 5 Miliar untuk Lampu Penerangan Jalan di Kota Pangkalpinang

Pemerintah Pangkalpinang menggelontorkan APDB sebesar Rp 5 miliar untuk penerangan jalan umum di tahun 2019.

Pemkot Siapkan Rp 5 Miliar untuk Lampu Penerangan Jalan di Kota Pangkalpinang
Bangkapos/irakurniati
Plt. Kepala dinas perhubungan Pangkalpinang, Ubadilah 

BANGKAPOS.COM - Pemerintah Pangkalpinang menggelontorkan APDB sebesar Rp 5 miliar untuk penerangan jalan umum di tahun 2019. Ada 230 titik yang akan dipasangi lampu jalan, mulai dari perbatasan Bangka tengah-Pangkalpinang di milenium hingga median jalan Gabek.

Plt. Kepala dinas perhubungan Pangkalpinang, Ubaidilah, mengatakan, pemasangan lampu jalan akan dilakukan secara tersebar di tujuh kecamatan.

Penerangan jalan umum ini merupakan prioritas yang menjadi kebutuhan masyarakat, apalagi wilayah Kota Pangkalpinang, disebutnya masih minim penerangan lampu.

"Tengah kota kita masih gelap gulita. Gambaran ibu kota provinsi yang masih kurang penerangan. Dari mulai Milenium itu, masih gelap, yang ditakutkan berisiko pada kecelakaan lalu lintas. Sebagai etalase kota, kita siapkan ibu kota dengan fasilitas yang harus disediakan, termasuk penerangan jalan," ujar Ubadilah, Kamis (25/7/2019).

Saat ini baru ada 2650 titik yang terpasang lampu jalan. Sedangkan target keseluruhan sebanyak 10.961 titik.

Ubaidi menuturkan, masih banyak kekurangan pada pelaksanaan penerangan jalan ini.

Meskipun telah menggelontorkan dana Rp 5 miliar tersebut, baik untuk pemasangan baru, perencanaan maupun pengawasan, dia menyebut masih belum mampu meningkatkan hingga 50 persen penerangan jalan umum.

"Tidak bisa sekaligus. Kita bertahap, karena terkait anggaran juga. Kebutuhan masyarakat ada lagi selain penerangan jalan, jadi memang dibagi-bagi untuk anggaran tersebut. Tapi wali kota, memang memprioritaskan ini," sebutnya.

(bangkapos.com/ ira kurniati)

Penulis: Ira Kurniati
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved