PT Timah Sedang Fokus Menggarap Kampung Reklamasi Air Jangkang, Ini yang Dilakukan

PT Timah Tbk sebagai perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan timah, selalu berkomitmen untuk melakukan reklamasi di lahan-lahan bekas tambang

PT Timah Sedang Fokus Menggarap Kampung Reklamasi Air Jangkang, Ini yang Dilakukan
dok bangka pos
Anggi Siahaan. PT Timah Sedang Fokus Menggarap Kampung Reklamasi Air Jangkang, Ini yang Dilakukan 

PT Timah Sedang Fokus Menggarap Kampung Reklamasi Air Jangkang, Ini yang Dilakukan

BANGKAPOS.COM, BANGKA – PT Timah Tbk sebagai perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan timah, selalu berkomitmen untuk melakukan reklamasi di lahan-lahan bekas tambang yang digarapnya. Pasalnya hal itu sudah sesuai dan mengacu pada dokumen AMDAL dan Dokumen Rencana Reklamasi.

Kepala Bidang Humas PT Timah Tbk, Anggi Siahaan mengatakan kewajiban reklamasi paska tambang sudah diatur oleh UU Nomor 4 tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral Dan Batu Bara (Minerba) pasal 96 dan diikat oleh perpu Nomor 78 tahun 2010 Pasal 2 ayat (1) tentang Reklamasi pasca tambang.

"Kemudian, sejak dikeluarkannya Kepmen ESDM Nomor 1827K/30/MEM/2018 maka dimungkinkan untuk dilakukan reklamasi bentuk lain,’’ tuturnya.

Anggi mengatakan dimasa lalu, terjadi ekploitasi tambang rakyat dalam jumlah besar, PT Timah sempat menghentikan sementara upaya reklamasi tersebut. Sebab, para penambang ilegal ini seringkali melakukan aktivitas tambang di atas IUP PT Timah yang telah direklamasi.

“Komitmen untuk terus membangun negeri tetap kami tunjukkan. Kami terus berupaya mengelola lahan bekas tambang menjadi lahan produktif, dengan menggandeng stakeholder multipihak,’’ papar Anggi.

Ia mencontohkan reklamasi di Dusun Air Kuning, Desa Bencah, Kecamatan Air Gegas, Kabupaten Bangka Selatan, adalah salah satunya.

Untuk reklamasi di area dengan total luas 49,8 hektare tersebut, PT Timah Tbk bekerja sama dengan Polda Kepulauan Bangka Belitung sebagai kelanjutan dari pilot project program Bhabinkamtibmas Go Green.

’’Di kawasan itu perusahaan juga sudah membangun fasilitas umum seluas 10 hektare, pemberian bibit tanaman, dan bibit ikan,’’ kata Anggi.

Selain itu, PT Timah saat ini tengah fokus menggarap Kampung Reklamasi Air Jangkang di Desa Riding Panjang, kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka.

Halaman
12
Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: Evan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved