Dinas Pangan Dan Pertanian Bakal Pantau Hingga Pelaksanaan Kurban

Dinas Pangan dan Pertanian Pangkalpinang telah melakukan pendataan hewan kurban untuk hari raya Iduladha. Meski pemerintah belum

Dinas Pangan Dan Pertanian Bakal Pantau Hingga Pelaksanaan Kurban
bangka pos/ira kurniati
Kabid peternakan dan kesehatan hewan Dinas Pangan dan Pertanian Pangkalpinang, Suyud 

Dinas Pangan Dan Pertanian Bakal Pantau Hingga Pelaksanaan Kurban

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Dinas Pangan dan Pertanian Pangkalpinang telah melakukan pendataan hewan kurban untuk hari raya Iduladha. Meski pemerintah belum menetapkan secara pasti hari raya Iduladha, namun diperkirakan jatuh pada 11 Agustus mendatang.

Kabid peternakan dan kesehatan hewan, Suyud, mengatakan sementara untuk penyediaan daging kurban sampai hari H, sudah terdata 754 ekor sapi dan 510 ekor kambing untuk kurban. Pihaknya sudah turun ke lapangan selama dua hari untuk mendata ke pihak penampung maupun peternak. Suyud menyebut, pihaknya akan terus melakukan pengawasan hingga pada pelaksanaan kurban nanti.

"Untuk pengawasan ada karantina, tiap pelabuhan Pangkalbalam maupun Mentok. Kami juga selalu melakukan monev, pembinaan dan pemeriksaan kesehatan hewan ini agar aman sampai pada tahap dikonsumsi masyarakat," ujar Suyud kepada Bangka Pos, Jumat (26/7/2019).

Hewan kurban ini banyak didatangkan dari Provinsi Jawa timur, yakni pada wilayah Situbondo, Probolinggo dan Madura. Dia mengatakan, harga hewan kurban ini umumnya beragam. Seperti sapi berkisar Rp 18 hingga Rp 20 juta. Begitupun dengan kambing, kisaran harga Rp 3 sampai Rp juta.

(bangkapos.com / ira kurniati)

Penulis: Ira Kurniati
Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved