Berita Pangkalpinang

Setelah Seleksi hingga Kini Belum Ada Hasil Kepala Ombudsman Babel Terpilih

Plt. Kepala Perwakilan Ombudsman RI belum mendapatkan informasi dari ORI pusat mengenai hasil akhir seleksi Kepala Perwakilan Ombudsman 2019-2024.

Setelah Seleksi hingga Kini Belum Ada Hasil Kepala Ombudsman Babel Terpilih
IST
ombudsman ri 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Plt. Kepala Perwakilan Ombudsman RI (ORI) Bangka Belitung Prana Susiko menyatakan, pihaknya belum mendapatkan informasi dari ORI pusat mengenai hasil akhir seleksi Kepala Perwakilan Ombudsman 2019-2024.

Lima wilayah yang diadakan seleksi, hanya hasil akhir untuk ORI perwakilan Babel yang tidak mendapatkan hasil kepala perwakilan Ombudsman terpilih.

"Belum dapat informasi dari pusat," kata Prana melalui pesan Whats App, Kamis (25/7/2019) malam tadi.

Sebelumnya diberitakan hasil akhir seleksi Kepala Perwakilan Ombudsman periode 2019-2024 di sejumlah wilayah Indonesia beredar di media sosial. Pengumuman ini juga bisa diakses di laman ORI.

Dari lima wilayah yang diadakan seleksi, hanya hasil akhir untuk Kepala Ombudsman perwakilan Babel yang masih kosong. Adapun wilayah lainnya, seperti Sumatera Barat, Jambi, Jawa Tengah, dan Papua Barat telah mendapati hasil akhir.

Ada kabar bahwa seleksi untuk perwakilan Babel akan diulang. Tetapi hingga hari ini belum ada penjelasan resmi dari ORI mengenai kosongnya hasil seleksi akhir untuk perwakilan Babel dan peneabar adanya

Hingga saat ini, Plt. Kepala Ombudsman Babel Prana Susiko belum menjawab upaya konfirmasi bangkapos.com mengenai pengumuman hasil akhir seleksi tertanggal 23 Juli 2019 tersebut.

Sebelumnya, empat dari 15 nama peserta rekrutmen Kepala Perwakilan Ombudsman Bangka Belitung yang lulus seleksi administrasi beberapa waktu lalu saat ini telah mengikuti ujian tertulis berbagai tahapan selejsu. Keempat peserta yang lulus tersebut adalah Bambang Suhendro, Rusian Heldy, Syawaluddin, dan Zulterry Apsupi.

Keempat peserta ini telah mengikuti ujian tertulis dan profile assessment yang berlangsung di aula Fakultas Ekonomi, Kampus Terpadu Universitas Bangka Belitung (UBB) pada Rabu (10/7) dan Kamis (11/7). Keempatnya juga telah mengikuti tahapan wawancara dengan Anggota Ombudsman RI Dadan Suparjo pada Jumat (12/7) .

"Hari ini peserta mengikuti tes tertulis dan diskusi kelompok. Nanti hasil akhirnya akan diambil satu nama," kata Prana, Rabu (10/7) silam.

Belakangan, dari lima wilayah di Indonesia yang diadakan seleksi kepala perwakilan, hanya hasil akhir untuk Kepala Perwakilan Babel yang masih kosong.

Aliansi Masyarakat Sipil di Bangka Belitung yang terdiri dari PDKP BABEL, Lembaga PKPK , Forum Komunitas Petani Bangka Belitung, Forum Diskusi Mahasiwa Bangka Belitng dan Jaringan Sahabat Ombudsman Bangka Belitung, mengkritisi hasil seleksi akhir Kepala Perwakilan Ombudsman 2019-2024. Melalui keterangan tertulis, pengumuman tersebut dikritisi karenatidak memuat alasan mengapa tidak satupun peserta untuk perwakilan Bangka Belitung yang bisa lolos seleksi.

Hal ini, menurut Alinasi tersebut, menimbulkan kesan ORI lebih mengedepankan asas rahasia sambil menguncinya dengan suatu keputusan yang bersifat final dan tidak dapat diganggu gugat. Sikap itu dinilai menunjukan kelembagaan ORI dapat menuju arogansi kelembagaan.

"Satu ketika mereka dapat mendahulukan asas keterbukaan pada waktu lainnya dapat pula menggunakan asas rahasia. Suatu waktu mereka memegang asas keadilan tetapi disyarakatkan pula agar tak memihak. Bagaimana mungkin keadilan tanpa keberpihakan, apalagi menyangkut wilayah reformasi birokrasi dan pengawasan penyelenggaraan public," kata Koordinator Aliansin John Ganesha Siahaan melalui keterangan tertulis kepada bangkapos.com, Kamis (25/7/2019) kemarin.

(Bangka Pos/ Dedy Qurniawan)

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved