Berita Pangkalpinang

Jemaah Haji Bangka dan Bateng Gelar Simulasi Pra Armuzna, Dua Jemaah Sakit Sudah Bergabung

Tim Kloter 7 PLM (Palembang) jemaah haji yang berasal dari Kabupaten Bangka dan Bangka Tengah melaksanakan simulasi pra-Armuzna

Jemaah Haji Bangka dan Bateng Gelar Simulasi Pra Armuzna, Dua Jemaah Sakit Sudah Bergabung
Istimewa
Abdul Malik, Ketua Kloter 7 Palembang (PLM) 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Tim Kloter 7 PLM (Palembang) jemaah haji yang berasal dari Kabupaten Bangka dan Bangka Tengah melaksanakan simulasi pra-Armuzna (Arafah, Muzdalifah dan Mina) di Hotel Binayat Al Fauz Nomor 419 Sektor 57, Kota Mekkah Arab Saudi, Sabtu (27/07/2019).

"Pra Armuzna merupakan salah satu dari rangkaian pelaksanaan ibadah haji, dimana wukuf di Arafah merupakan rukun haji dan mabit di Muzdalifah dan Mina merupakan wajib haji,” kata Abdul Malik, Ketua Kloter 7 Palembang (PLM) melalui pesan Whatsapp, Sabtu (27/07/2019).

Menurutnya kegiatan ini sangat penting untuk direncanakan dan dipersiapkan secara matang melalui simulasi seperti ini, agar dalam pelaksanaan Armuzna nanti para jemaah telah dalam keadaan siap, tidak lagi kebingungan, sehingga pelaksanaan ibadah tersebut dapat berjalan dengan lancar.

“Kita juga mengimbau kepada para jemaah untuk terus menjaga kesehatan sebelum pelaksanaan Armuzna agar mereka dapat melaksanakan rangkaian ibadah tersebut dalam kondisi tubuh yang fit. Karena Armuzna merupakan hal yang sangat penting dan menentukan sah atau tidaknya ibadah haji yang dilaksanakan,” tegas Malik.

Ditambahkannya, dalam kesempatan tersebut, tim kesehatan Kloter 7 PLM juga melakukan penyuluhan kesehatan pra Armuzna kepada para jemaah.

"Mereka juga menekankan betapa pentingnya kesehatan menjelang pelaksanaan wukuf. Dr Faradella pun sempat mengimbau kepada para jemaah agar jangan pernah meninggalkan Alat Pelindung Diri (APD), seperti topi, kacamata, payung, masker, dan lain sebagainya," ungkap Malik..

Selain itu selalu diingatkan agar para jemaah selalu minum air putih yang banyak, sehingga dapat terhindar dari dehidrasi.

“Hari ini kita melepas jema'ah untuk ziarah ke Jabal Rahmah, Jabal Tsur, dan tempat-tempat bersejarah lainnya di Kota Mekkah,” ujar Malik.

Sebelum dilepas untuk melakukan ziarah, para jemaah juga terlebih dahulu diberikan pembekalan agar mereka dapat menjaga diri dan selalu menggunakan APD.

Malik juga memberikan kabar bahwa jemaah atas nama Muh. Ridwan asal Bangka Tengah yang sebelumnya sempat dirawat di RS Miqot Madinah akibat terkena sakit cacar dan jemaah atas nama Jahidin asal Kabupaten Bangka yang sebelumnya juga dirawat di RS Uhud Madinah, kini telah pulih dan sudah kembali bergabung bersama jemaah Kloter 7 PLM untuk melaksanakan rangkaian ibadah haji.

(Bangka Pos/Edwardi)

Penulis: edwardi
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved