Bangka Pangkalpinang

Musim Kemarau, Warga Puding Panen Ikan Lenjing

Musim Kemarau saat ini dimanfaatkan warga Desa Puding Kecamatan Puding Besar Kabupaten Bangka untuk mencari ikan air tawar khas Pulau Bangka

Musim Kemarau, Warga Puding Panen Ikan Lenjing
Bangkapos/Edwardi
Ikan Lenjing yang ditangkap warga Desa Puding di Sungai Cempurak 

BANGKAPOS COM -- Musim Kemarau saat ini dimanfaatkan warga Desa Puding Kecamatan Puding Besar Kabupaten Bangka untuk mencari ikan air tawar khas Pulau Bangka di aliran Sungai Cempurak yang melewati Desa Puding dan Desa Kayu Besi.

Seperti yang dilakukan Rusli, Mat Anoi,l dan Ucup, ketiganya warga Desa Puding yang ditemui Bangkapos.com, Minggu (28/07/2019) sedang asyik menangkap berbagai jenis ikan air tawar yang hidup di sungai itu, salah satunya ikan Lenjing atau sejenis ikan tak bersisik seperti Belut atau ikan Kelik (lele).

"Musim kemarau seperti saat ini memang sedang banyak atau musim ikan Lenjing, kalau orang Bangka Selatan nyebutnya ikan Melan. Ikan-ikan Lenjing ini sedang keluar dari sarangnya," kata Rusli.

Diungkapkannya, harga jual ikan Lenjing ini cukup mahal, beli di lokasi mencapai Rp 60.000 per kg.

"Ikan Lenjing ini rasanya lebih enak dari ikan Kelik (lele kampung) dan ikan baung, karena itu harganya lebih mahal. Kalau ikan baung dan ikan Kelik harganya Rp 50.000 per kg," jelas Rusli.

Rusli mengungkapkan cara menangkap ikan Lenjing ini menggunakan alat bubu, tirok/tiruk (tombak) dan rangkul.

"Kalau pakai bubu kita memasangnya sore hari dan mengangkatnya pagi hari. Alhamdulillah hari ini kita dapat sekitar tiga kilogram ikan Lenjing. Tadi juga sudah ada yang beli teman, ada juga yang sudah kita masak untuk makan siang," ungkapnya.

Diakuinya, untuk menjual ikan Lenjing ini sangat mudah karena ikan Lenjing ini sangat disukai masyarakat.

"Berapa banyak pun yang kita dapat, kadang ada dapat sampai 10 kg tetap habis terjual dan tidak susah menjualnya karena ikan ini banyak disukai masyarakat disini," imbuhnya. (Bangkapos.com/Edwardi)

Penulis: edwardi
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved