Berita Sungailiat

Desa Pemali Gelar Sosialisasi Kependudukan, Tertibkan Administrasi

Narasumber yang berkompeten dihadirkan agar pemaparan materi dapat mudah dimengerti oleh perwakilan masyarakat, selaku pesertanya.

Desa Pemali Gelar Sosialisasi Kependudukan, Tertibkan Administrasi
istimewa/Nata Sekdes Pemali
Desa Pemali Gelar Sosialisasi Kependudukan, Tertibkan Administrasi 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Berbagai kegiatan dilaksanakan Pemerintahan Desa (Pemdes) Pemali Kecamatan Pemali Bangka. Tak hanya kegiatan sosial, namun kegiatan bersifat pelayanan kemasyarakatan digencarkan. Seperti halnya soal kependudukan di desa setempat, Pemdes Pemali mengandeng pihak terkait saat sosialisi.

Kepala Desa (Kades) Pemali, Isnanto alias Jonet diwakili Sekdes, Rosmanto Nata dikonfirmasi bangkapos.com, Senin (29/7/2019) mengatakan masalah kependudukan yang dibahas meliputi pindah jiwa, kartu tanda penduduk (KTP), kartu keluarga (KK) hingga surat keterangan lainnya.

"Sosialisasi menyangkut masalah kependudukan sudah kita gelar di Desa Pemali. Peserta sosialisasi terdiri dari BPD, Ketua RT, lembaga desa, tokoh masyarakat dan tokoh agama di Desa Pemali, berjumlah 50 orang. Tujuan sosialisasi untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada masyarakat akan pentingnya administrasi kependudukan. Karena dengan tertibnya administrasi, maka kegiatan apapun akan mudah dilaksanakan," kata Sekdes Pemali Rosmanto Nata.

Saat sosialiasi kependudukan di Desa Pemali Kecamatan Pemali Bangka, pemerintah desa setempat menghadirkan berbagai narasumber guna penyampaian materi. Narasumber yang berkompeten dihadirkan agar pemaparan materi dapat mudah dimengerti oleh perwakilan masyarakat, selaku pesertanya.

"Saat sosialisasi, kita hadirkan narasumber, yaitu Bapak Agus Supriatna Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk Kabupaten Bangka dan Sopan Sopiyan Kasi Pelayanan Umum Kantor Kecamatan Pemali," kata Kepala Desa (Kades) Penilai Isnanto alias Jonet diwakili Sekdes, Rosmanto Nata kepada Bangka Pos, Senin (29/7/2019).

Diharapkan sosialisasi yang sudah digelar kata Sekdes, bermanfaat bagi peserta, khususnya perwakilan masyarakat yang diundang pada acara itu. "Sosialisasi digelar pada Hari Sabtu, Tanggal 27 Juli 2019 kemarin. Tema Sosialisasi Kependudukan Menuju Masyarakat Patuh dan Taat Administrasi di Desa Pemali," jelas Sekdes.

Ketika itu acara dibuka langsung oleh Kepala Desa Pemali, Isnanto yang kemudian dilanjutkan penyampaian materi oleh narasumber.

"Karena menurut Pak Kades, salah satu permasalahan di masyarakat adalah masalah administrasi kependudukan.

Makanya perlu dilaksanakannya kegiatan ini dengan harapan masyarakat bisa bertanya kepada narasumber tentang masalah-masalah apa saja yang dialami dalam kehidupan sehari-hari," jelas Sekdes.

Diakui Sekdes, berbagai pihak, khususnya kedua narasumber yang dihadirkan memberikan apresiasi kepada Pemerintah Desa Pemali yang telah menyelenggarakan kegiatan sosialisasi tersebut. Karena biasanya acara seperti itu pihak instansi pemerintah di kecamatan atau kabupaten terkait yang selama ini proaktif mengundang perwakilan masyarakat desa.

"Sedangkan kali ini, sebaliknya, kami dari Pemerintah Desa Pemali yang justru mengundang narasumber untuk memberikan materi. Alasan kami pemerintah desa menyelenggarakan sosialisasi, karena masalah kependudukan sangat penting untuk diketahui oleh masyarakat agar tidak ada lagi kesalah pahaman tentang administrasi kependudukan dari tingkat desa," tegas Sekdes.

(bangkapos.com/Fery Laskari)

Penulis: ferylaskari
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved