Berita Bangka Barat

KPU Babar Evaluasi Kegiatan Pemilu 2019, Hasilnya Pengaruhi Pilkada 2020

Komisi Pemilihan Umum, (KPU) Kabupaten Bangka Barat menggelar kegiatan evaluasi fasilitas kampanye, pemilu serentak 2019 tingkat KPU Bangka Barat,

KPU Babar Evaluasi Kegiatan Pemilu 2019, Hasilnya Pengaruhi Pilkada 2020
bangkapos.com/Hendra
Pemilihan Umum, (KPU) Kabupaten Bangka Barat menggelar kegiatan evaluasi fasilitas kampanye, pemilu serentak 2019 tingkat KPU Bangka Barat, Senin (28/7/2019). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Komisi Pemilihan Umum, (KPU) Kabupaten Bangka Barat menggelar kegiatan evaluasi fasilitas kampanye, pemilu serentak 2019 tingkat KPU Bangka Barat, Senin (28/7/2019).

Hadir dalam kegiatan tersebut para komisioner KPU Bangka Barat, Komisioner Bawaslu Babar, pengurus parpol serta perwakilan instansi terkait di Bangka Barat.

Ketu KPU Bangka Barat, Pardi kepada bangkapos.com mengatakan kegiatan tersebut mengevaluasi seluruh kegiatan pemilu 2019 yang telah digelar.

"Salah satunya yang kita evaluasi selain anggaran juga terkait dengan alat peraga kampanye (APK)," kata Pardi.

Dia menjelaskan terkait APK yang sudah dikeluarkan, apakah efektif atau tidak APK yang digunakan para perserta pemilu 2019.

Hasil evaluasi ini akan berpengaruh pada pilkada 2020 yang akan datang.

"Nanti hasilnya apakah harus menggunakan metode baru atau tetap menggunakan APK. Khusus di Bangka Barat efektif atau tidak penggunaan APK ini," jelas Pardi.

Terkait dengan APK sebagaimana aturan KPU RI cukup sulit diterapkan. Seperti lokasi dan tempat pemasangan APK peserta pemilu.

Sebagaimana diketahui kata Pardi, pemasangan APK di jalan protokol untuk di Bangka Barat belum ada legalitas atau penetapan jalan protokol. Termasuk juga fasilitas-fasilitas umum.

"Akhirnya pemasangan jadi tumpang tindih. Di Babar banyak yang tidak jelas, jalan protokol atau juga fasilitas umum, tidak ada penetapannya secara legalitas. Akhirnya timbul polemik," ujar Pardi.

Karenanya, evaluasi tersebut sangat penting. Berkaitan pula dengan persiapan pilkada serentak 2020 mendatang.

(bangkapos.com / Hendra)

Penulis: Hendra
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved