Lima Kabupaten dan Kota di Babel Lolos Verifikasi KKS Tahun 2019

Lima kabupaten dan kota di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung lolos verifikasi dokumen Kabupaten Kota Sehat (KKS) Tahun 2019

Lima Kabupaten dan Kota di Babel Lolos Verifikasi KKS Tahun 2019
Diskominfo Babel/ Rizky Fitrajaya
Lima Kabupaten dan Kota di Babel Lolos Verifikasi KKS Tahun 2019 

BANGKAPOS.COM - Lima kabupaten dan kota di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung lolos verifikasi dokumen Kabupaten Kota Sehat (KKS) Tahun 2019. Adapun lima kabupaten dan kota tersebut, Kabupaten Bangka, Kabupaten Bangka Barat, Kabupaten Belitung, Kabupaten Bangka Tengah dan Kota Pangkalpinang.

Verifikasi dilakukan guna mendapatkan penghargaan Swasti Saba Tahun 2019.

Sebelumnya Tim Verifikator KKS Pusat telah melakukan verifikasi dokumen terhadap 202 usulan Kabupaten/Kota dari 29 Provinsi. Dari 202 usulan Kabupaten/Kota tersebut, diperoleh 165 Kabupaten/Kota yang lolos verifikasi dokumen, yang selanjutnya di verifikasi lapangan oleh Tim Verifikasi Pusat.

Pada saat membuka Rapat Koordinasi Persiapan Pelaksanaan Verifikasi Kabupaten Kota Sehat Tahun 2019, Kabid Sosial, Budaya dan Pemerintahan Bappeda Kep. Babel, Supianto mengatakan, verifikasi lapangan yang dilakukan Tim Pusat akan dilaksanakan selama tiga hari, dari tanggal 19 sampai 22 Agustus 2019.

"Pusat akan menurunkan tiga tim verifikasi, tim satu ke Kabupaten Bangka dan Kabupaten Bangka Barat, tim dua ke Kabupaten Belitung, serta tim tiga ke Kabupaten Bangka Tengah dan Kota Pangkalpinang," kata Supianto di ruang rapat Pulau Ketawai, Senin (29/7).

Supianto menambahkan, dengan turunnya tiga tim verifikasi pusat ke Provinsi Kepulauan Bangka Belitung merupakan salah bentuk apresiasi Pemerintah Pusat. Untuk itu perlu dipersiapkan sebaik mungkin pada saat verifikasi lapangan, terutama terkait kelemahan dokumen yang telah di sampaikan ke tim verifikasi pusat.

"Tim verifikasi pusat akan melakukan penilaian berdasarkan tatanan, di Kabupaten Bangka itu ada 7 tatanan yang akan dinilai, ini merupakan tatanan yang paling banyak dengan kategori Wistara, karena banyak jadi paling kompleks," ungkapnya.

Terkait persiapan verifikasi lapangan KKS di Kabupaten dan Kota, Supianto meminta berharap dapat menyiapkan dengan sebaik mungkin.

"Kami akan terus berkomunikasi dengan Tim Pusat dan semaksimal mungkin mengawal lima Kabupaten/Kota agar dipertimbangkan untuk menerima penghargaan dari Pemerintah Pusat," harapnya.

Selain itu Supianto juga mencontohkan untuk pelaksanaan KKS kedepannya. Contoh untuk tatanan permukiman, sarana dan prasarana sehat. Dimana ada indikator frekuensi melaksanakan uji kualitas udara ambien sesaat, yang nilai maksimalnya 100.

Uji kualitas udara ambien sesaat, ini untuk mengukur sampai sejauh mana kualitas, udara di kawasan pemukiman.

"Untuk Kota Pangkalpinang ini baru dilaksanakan setahun sekali, sehingga hanya mendapat nilai 50, untuk mendapatkan nilai sempurna, harus dilaksanakan dua kali setahun, untuk penilaian tahun selanjutnya harus dipersiapkan sehingga dapat nilai sempurna," ungkapnya. (Diskominfo Babel)

Penulis: Rizky Fitrajaya

Editor: khamelia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved