Berita Pangkalpinang

Jurnalis di Babel Kecam Pembakaran Rumah Wartawan di Aceh dan Desak Pelakunya Ditangkap

Jurnalis di Bangka Belitung mengecam tindakan pembakaran rumah Asnawi Luwi, jurnalis Serambi Indonesia (Bangka Pos Group) di Aceh Tenggara

Jurnalis di Babel Kecam Pembakaran Rumah Wartawan di Aceh dan Desak Pelakunya Ditangkap
bangkapos.com/Resha Juhari
Puluhan jurnalis di Bangka Belitung mengecam tindakan pembakaran rumah wartawan Serambi Indonesia di Aceh Tenggara. Aksi solidaritas digelar di kawasan Alun-alun Taman Merdeka Kota Pangkalpinang, Rabu (31/7/2019). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Jurnalis di Bangka Belitung mengecam tindakan pembakaran rumah Asnawi Luwi, jurnalis Serambi Indonesia (Bangka Pos Group) di Aceh Tenggara, Provinsi Aceh, Selasa (30/7/2019) sekitar pukul 01.30 WIB.

Asnawi bersama istri dan tiga orang anaknya menyelamatkan diri setelah api berkobar di bangunan rumah semi permanen dan mobil Honda Mobilio miliknya.

Puluhan jurnalis yang tergabung dalam Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Palembang Biro Pangkalpinang, Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Babel dan Himpunan Pewarta Indonesia (HPI) Babel melakukan aksi solidaritas di kawasan Alun-alun Taman Merdeka Pangkalpinang, Rabu (31/7/2019) siang.

Bagi wartawan di Babel, pembakaran rumah Asnawi di Aceh juga melukai hati dan perasaan para pencari berita di Negeri Serumpun Sebalai ini.

Karena bisa saja, tindakan serupa terjadi dan dialami oleh jurnalis di Bangka Belitung.

Untuk itu, jurnalis di Babel mengecam perbuatan pelaku dan mendesak aparat kepolisian menangkap aktor di balik pembakaran tersebut.

"Ini menjadi ancaman serius bagi jurnalis dalam melakukan tugas jurnalistik yang dilindungi undang-undang pers. Kami minta polisi segera menangkap pelaku," kata Zulkodri dari AJI Palembang Biro Pangkalpinang.

Serupa diungkapkan Ketua IJTI Babel Joko, yang menilai kasus tersebut bukan hanya tindakan kriminal biasa namun patut diduga karena ada masalah pemberitaan.

Sehingga, IJTI menyebutkan perlu ada penanganan serius atas penyelesaian kasus tersebut.

"Rumah yang dibakar adalah rumah wartawan dan diduga pelaku sengaja melakukannya karena ada hubungan dengan tugas saudara Asnawi," tegas Joko.

Halaman
12
Penulis: Alza MH (day)
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved