Berita Pangkalpinang

Kembangkan Penanganan Jantung, RSUP Kerja Sama dengan RS Harapan Kita

Rumah Sakit Umum Provinsi (RSUP) Dr (H.C) Ir Soerkarno menjalin kerja sama dengan RS Harapan Kita.

Kembangkan Penanganan Jantung, RSUP Kerja Sama dengan RS Harapan Kita
Istimewa
Pertemuan antara RSUP Ir. Seokarno dengan RS Harapan Kita untuk pengembangan pelayanan jantung terpadu baru-baru ini 

Kembangkan Penanganan Jantung, RSUP Kerja Sama dengan RS Harapan Kita

BANGKAPOS.COM - Rumah Sakit Umum Provinsi (RSUP) Dr (H.C) Ir Soerkarno menjalin kerja sama dengan RS Harapan Kita.

Kerja sama ditujukan untuk pengembangan penanganan jantung intervensi anak dan bedah jantung.

Direktur RSUP dr Armayani mengatakan, kerja sama yang dijalin berupa pengiriman dokter ahli dari RS Harapan Kita untuk mendampingi pelayanan jantung di RSUP.

Selain itu kerja sama juga dilakukan untuk pengiriman dokter spesialis jantung RSUP untuk pendidikan di RS Harapan Kita guna mengambil intervensi katerisasi anak. Pendidikan akan berlangsung selama dua tahun dan akan dimulai Januari 2020 mendatang.

"Dokter ahli pendamping itu sudah berjalan, satu kali dalam sebulan. Untuk kerja sama pendidikan itu akan dimulai pada Januari 2020 dan akan berlangsung selama dua tahun," kata Armayani, Rabu (31/7/2019)

Saat ini, RSUP telah melayani penanganan jantung level 1 yakni diagnostik (kelainan jantung) dan level 2 untuk pemasangan ring jantung.

"Untuk pelayanan ini, masyarakat tidak perlu lagi rujukan ke luar Babel,"ujarnya.

Kerja sama dengan RS Harapan Kita diharapkan bisa semakin mengembangkan pelayanan jantung terpadu di rumah sakit provinsi tersebut. RSUP bahkan bercita-cita ingin menjadi rumah sakit rujukan spesialis jantung dari provinsi lain seperti Jambi dan Bengkulu.

"Kami berharap RSUP ini semakin mandiri dalam menangani penyakit yang memerlukan tindakan spesialistik seperti jantung itu. Apalagi transportasi ke Jakarta untuk rujukan itu mahal, dan jauh. Kami berusaha memutus rantai itu,termasuk rujukan ke luar Babel lainnya," ucapnya.

Selain dengan RS Harapan Kita, RSUP juga telah menjalin kerja sama dengan RSCM untuk penangan bedah saraf dan digestive, dengan RS Persahabatan Jakarta (bedah toraks/paru-paru), dengan RS Mohammad Husein (penanganan kanker terpadu). Tahun depan, RSUP juga akan menjalin kerja sama dengan RS Tulungagung, Jawa Timur, untuk pelayanan kegawatdaruratan terpadu (public service center).

(bangkapos.com / Dedy Qurniawan)

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved