Advetorial

Angka IKM Kemenag Pangkalpinang Pasca Penerapan PTSP

Selama bulan Juli 2019 pasca diterapkannya Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) yang telah dimulai sejak awal bulan Juli yang lalu.

Angka IKM Kemenag Pangkalpinang Pasca Penerapan PTSP
Istimewa/Kemenag Pangkalpinang
Eyde Tusewijaya selaku Plh Kakankemenag Kota Pangkalpinang 

BANGKAPOS.COM-- Kantor Kementerian Agama Kota Pangkalpinang merilis hasil survey Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) terhadap pelayanan yang dilakukan selama bulan Juli 2019 pasca diterapkannya Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) yang telah dimulai sejak awal bulan Juli yang lalu.

Hasil survey tersebut dirilis langsung oleh Plh Kepala Kantor Kemenag Kota Pangkalpinang yang juga sebagai Ketua Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID), Eyde Tusewijaya, S.E., M.M. melalui surat resmi pada Kamis, 01 Agustus 2019.

Dari hasil yang dirilis tersebut, berdasarkan survey yang dilakukan melalui metode angket (questioner) mulai dari tanggal 01 Juli hingga 31 Juli 2019, diketahui bahwa angka IKM terhadap pelayanan di Kantor Kemenag Kota Pangkalpinang untuk bulan Juli 2019 ini berada pada angka 4,53 (dari skala 5), mengalami sedikit penurunan dari bulan sebelumnya yang berada pada angka 4,56.

Menanggapi hal tersebut, Eyde mengungkapkan, penurunan tersebut wajar terjadi karena Kantor Kemenag Kota Pangkalpinang baru saja menerapkan PTSP, sehingga para pegawai dan pihak/masyarakat yang datang untuk mendapatkan pelayanan masih dalam masa adaptasi dengan pola pelayanan baru tersebut.

“Semestinya, setelah diterapkannya PTSP ini, angka IKM terhadap pelayanan di Kemenag Pangkalpinang dapat mengalami peningkatan, karena dengan bentuk layanan melalui sistem PTSP ini, masyarakat bisa langsung menerima pelayanan dalam satu ruangan dengan estimasi waktu penyelesaian yang jelas, sehingga meraka akan lebih mendapatkan kemudahan dan kepastian dalam proses layanan tersebut,” tutur Eyde.

Diakui Eyde, Sumber Daya Manusia (SDM) staf pelaksana layanan PTSP ini masih perlu untuk terus ditingkatkan agar dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan lebih baik dan maksimal.

“Untuk itu kami terus berupaya dengan memberikan bimbingan intensif kepada para staf pelaksana pelayanan PTSP ini, bahkan kami juga telah membawa mereka untuk kaji terap sistem pelayanan PTSP ke Kanwil Kemenag Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, agar mereka dapat mengaplikasikan sistem yang telah dipelajari tersebut di PTSP Kantor Kemenag Kota Pangkalpinang,” lanjutnya.

Kedepan beliau pun berharap agar pelayanan di PTSP Kantor Kemenag Kota Pangkalpinang dapat berjalan dengan lebih baik, sehingga angka IKM pada bulan-bulan mendatang pun dapat terus meningkat. (gaga/01/AI)

Editor: nurhayati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved