Berita Bangka tengah

Keluarga Lingkungan Pertama dalam Membentuk Kepribadian Anak Bangsa

Hari keluarga nasional (Harganas) diperingati 29 Juni sejak tahun 1993.

Keluarga Lingkungan Pertama dalam Membentuk Kepribadian Anak Bangsa
Bangkapos.com/Agus Nuryadhyn
inspektur Utama BKKBN Agus Sukiswo menyerahkan penghargaan Anugerah Kencana Kepada Bupati Bangka Tengah H Ibnu Saleh 

BANGKAPOS.COM--  Hari keluarga nasional (Harganas) diperingati 29 Juni sejak tahun 1993. Peringatan ini  sesuai dengan amanat dari Keputusan Presiden Nomor 39 Tahun 2014 tentang Hari Keluarga Nasional sehingga tanggal 29 Juni ditetapkan sebagai Hari Keluarga Nasional

Penetapan hari keluarga ini menurut Inspektur Utama BKKBN Agus Sukiswo karena pemerintah menyadari pentingnya lembaga keluarga dalam membangun suatu bangsa,.

"Keluarga merupakan lingkungan pertama dan utama dalam membentuk kepribadian anak bangsa dan kehidupan bernegara," ungkap Agus pada acara Harganas ke XXVI tahun 2019 di Koba Kabupaten Bangka Tengah, Kamis (1/8/2019).

Ia menyebutkan setiap keluarga memiliki delapan fungsi diantaranya fungsi agama, cinta kasih, perlindungan, ekonomi, pendidikan, reproduksi, sosial budaya, sert lingkungan.

"Melalui delapan fungsi keluarga itulah diharapkan setiap keluarga mengetahui, memahami dan melaksanakannya. Setiap fungsi merupakan satu kesatuan yang tak terpisahkan," kata Agus.

Apabila delapan fungsi tersebut implementasikan  akan tumbuh anak bangsa Indonesia yang memiliki karakter kuat dan kepribadian terpuji apalagi dalam situasi dan kondisi yang serba transparan.

Agus berharap dengan peringatah Hari Keluarga ini lebih  bisa dirasakan nuansa cinta, kasih dan sayang antar anggota keluarga sehingga makna Hari Keluarga benar-benar dapat dirasakan oleh keluarga-keluarga di masyarakat.

"Betapa indahnya saat ini kita, antar anggota keluarga, ayah dengan ibu-anak-anggota keluarga lainnya antar tetangga-antar pegawai pemerintah dan swasta-anak-remaja-Generasi muda sampai lansia saling berjabatan tangan, berangkulan dengan senang hati dan ikhlas, memberi salam dengan mengucapkan Selamat Hari Keluarga," ungkap Agus. (Bangkapos.com/Agus Nuryadhyn)

Penulis: agusrya
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved