VIDEO : Inilah Aksi Bule Cantik Saat Lahap Si Kenyal Otak-otak dari Belinyu

Dua orang turis asal Austria, Katharina Keiblinger dan Rosana Karl, awalnya bingung pada makanan berbungkus daun pisang yang dibawa Pak Lurah.

VIDEO : Inilah Aksi Bule Cantik Saat Lahap Si Kenyal Otak-otak dari Belinyu

BANGKA POS.COM, BANGKA -- Makanan khas daerah satu ini, sangat diminati. Diracik sedemikian rupa sehingga rasanya kenyal-kenyal gurih bikin lidah bergoyang. Apalagi jika disantap pakai kuah sejenis saus yang biasa disebut cuko tauco atau cuko belacan, bikin rasanya semakin nikmat .

Ya, itu lah otak-otak Belinyu. Penganan atau jajanan yang dimaksud dibuat menjadi adonan menggunakan bahan tepung kanji (sagu), daging ikan tengiri yang sudah dihaluskan, bawang merah dan bawang putih iris, garam atau penyedap rasa secukupnya. Sedangkan saus kuahnya, berbahan utama cabai, garam, tauco atau terasi (belacan) dan juga ditambah penyedap rasa sesuai kebutuhan.

Tak hanya diminati oleh warga lokal, namun ternyata, otak-otak juga digemari oleh orang asing. Lurah Mantung Belinyu Bangka, Indi sengaja datang dari Belinyu ke Sungailiat, membawa oleh-oleh. Dua orang turis asal Austria, Katharina Keiblinger dan Rosana Karl, awalnya bingung pada makanan berbungkus daun pisang yang dibawa Pak Lurah.

Awalnya mereka ragu mencicipi kuliner berbentuk unik nan mungil yang dimasak melalui cara pemanggangan menggunakan bara api itu. Tapi setelah mencoba, kedua cewek bule cantik yang merupakan Dosen University of Natural Resources and Life Sciences, (BOKU), Vienna Austria ini, malah jadi ketagihan.

Berkali-kali tangan keduanya menyambar otak-otak di hadapan mereka. "Ehmmmm...otak-otak Bangka maknyus, we love otak-otak," kata Katharina seraya mengumbar tawa senang.

Sementara itu Lurah Mantung Kecamatan Belinyu Bangka, Indi ditemui pada kesempatan yang sama, Rabu (31/7/2019) menyatakan, otak-otak sudah menjadi ikon kuliner di utara Pulau Bangka.

"Otak-otak ini salah satu ikon kuliner Belinyu, yang menjadikan salah satu daya tarik para wisatawan untuk berkunjung ke Belinyu. Tidak hanya disukai wisatawan lokal, tapi otak-otak juga disukai wisatawan asing," kata Lurah Mantung, Indi.(bangkapos.com/ferylaskari)

Tags
cantik
bule
Penulis: ferylaskari
Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved