Info Haji 2019

Jemaah Haji Pangkalpinang Salat Jumat di Mushola Hotel, Satu Jamaah Dirawat di Rumah Sakit

Kondisi Masjidil Haram di Kota Mekkah Arab Saudi sudah sangat padat, karena diisi oleh jutaan jemaah haji dari berbagai tempat di seluruh dunia

Jemaah Haji Pangkalpinang Salat Jumat di Mushola Hotel, Satu Jamaah Dirawat di Rumah Sakit
Istimewa
H Abdul Rohim, Pembimbing Ibadah Jemaah Haji Kloter 9 Palembang 

Jemaah Haji Pangkalpinang Salat Jumat di Mushola Hotel, Satu Jamaah Dirawat di Rumah Sakit

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Kondisi Masjidil Haram di Kota Mekkah Arab Saudi sudah sangat padat, karena diisi oleh jutaan jemaah haji dari berbagai tempat di seluruh dunia.

Dan jemaah haji Indonesia diarahkan untuk salat di pondokan-pondokan terdekat, bahkan di beberapa tempat diselenggarakan Salat Jumat sendiri oleh kloter masing-masing, seperti saat ini di jemaah haji Kloter 9 Embarkasi Palembang (PLM) asal Kota Pangkalpinang, Kabupaten Bangka Barat dan Kota Palembang melaksanakan Salat Jumat di mushola hotel.

“Perlu kami sampaikan juga bahwa, kondisi jemaah haji kloter 9 Alhamdulillah secara umum semuanya dalam keadaan sehat wal’afiat, walaupun ada 1 jemaah yang saat ini masih dirawat di rumah sakit Arab Saudi yaitu atas nama bapak Ajak Hajar Suhaimi asal kota Pangkalpinang, yang mengalami penurunan stamina dan kondisi kesehatan, sehingga diharuskan untuk dirawat,” kata H Abdul Rohim, Pembimbing Ibadah Jemaah Haji Kloter 9 Palembang (PLM) melalui pesan Whatsapp (WA), Jumat (02/08/2019).

Dikatakannya, para jemaah haji yang berpotensi memiliki riwayat penyakit-penyakit berat, juga sudah diperiksa kondisi kesehatannya oleh Tim Kesehatan Haji, karena menjelang Armuzna (Arafaf Musdalifah dan Mina) nanti diperlukan kesiapan fisik dan stamina yang prima dalam rangka melaksanakan rukun haji, berupa wukuf di Arafah dan wajib haji berupa mabit di Muzdalifah dan mabit setelah melontar jumroh di Mina.

“Untuk cuaca di Kota Mekkah saat ini seperti biasa masih berkisar antara 41 sampai 43 derajat Celcius, hanya saja Kota Mekkah saat ini sudah terasa lebih sesak karena sudah didatangi oleh jutaan umat Islam yang ada di seluruh dunia," ungkapnya.

Dan beberapa hari lagi akan dilakukan closing, yaitu penutupan semua tempat masuk ke arah Mekkah karena terkait dengan persiapan menuju Armuzna.

“Terkait masalah konsumsi, sampai saat ini jemaah haji Kloter 9 PLM masih menerima konsumsi seperti biasa, namun tiga hari sebelum wukuf di Arafah nanti, konsumsi akan dihentikan, karena pada saat itu semua catering sedang dalam kondisi melakukan persiapan untuk di Arafah dan Mina, sehingga untuk masalah catering ini nanti akan dikoordinasikan dengan pihak Mukimin yang ada di Mekkah untuk mencari catering yang bisa mereka gunakan untuk menyediakan konsumsi harian,” jelas H Abdul Rohim.

Dilanjutkannya, kondisi jemaah haji di seluruh dunia saat ini sudah berangsur-angsur ditarik dari Kota Madinah menuju ke Kota Mekkah Al Mukaromah.

Para petugas sektor pun semakin sibuk, demikian juga dengan Amirul Hajj yang saat ini sudah berada di Kota Mekkah guna mengontrol penyelenggaraan haji serta meninjau berbagai lokasi pemukiman pondokan jemaah haji di Kota Mekkah.

(Bangkapos.com/Edwardi)

Penulis: edwardi
Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved