Pengolahan Sampah Bermanfaat Untuk Masyarakat

Sampah merupakan masalah penting yang harus diatasi, baik sampah di darat maupun sampah di laut. Bangka Belitung adalah daerah kepulauan

Pengolahan Sampah Bermanfaat Untuk Masyarakat
Istimewa
Rapat Paparan dan Pembahasan Penawaran Kerjasama Menangani Limbah FABA, Sampah dan Reklamasi Lahan Bekas Tambang Timah dengan Sistem TOT Sampah Terpadu dan Berkelanjutan di Ruang Rapat Tanjung Pendam Kantor Gubernur, Jumat (2/8/2019). 

Pengolahan Sampah Bermanfaat Untuk Masyarakat

PANGKALPINANG - Sampah merupakan masalah penting yang harus diatasi, baik sampah di darat maupun sampah di laut.

Bangka Belitung adalah daerah kepulauan, oleh sebab itu sampah harus menjadi perhatian utama pemerintah. Untuk itu, pemerintah saat ini mencari cara bagaimana agar sampah dapat menjadi hal yang bermanfaat untuk masyarakat.

Hal ini dikatakan langsung oleh Assisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Provinsi Bangka Belitung Yanuar saat Rapat Paparan dan Pembahasan Penawaran Kerjasama Menangani Limbah FABA, Sampah dan Reklamasi Lahan Bekas Tambang Timah dengan Sistem TOT Sampah Terpadu dan Berkelanjutan di Ruang Rapat Tanjung Pendam Kantor Gubernur, Jumat (2/8/2019).

"Ini menjadi perhatian kita bersama. Saat ini Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah yang berlokasi di belakang bandara, jika angin berhembus kencang akan dengan mudah tercium hingga pintu masuk bandara. Dan ini menjadi masalah kita bersama yang harus segera diatasi, " tegas Yanuar.

Saat ini, Yanuar menjelaskan, pemerintah bersama pihak terkait melakukan kerjasama untuk menanggulangi permasalahan sampah di Bangka Belitung. Salah satu solusinya adalah dengan menjadikan lahan bekas tambang untuk dijadikan area pembuangan akhir sampah sementara. Untuk selanjutnya sampah diolah agar bermanfaat untuk masyarakat.

"PLN butuh sampah dalam bentuk limbah dari hasil pembakarannya. Ini akan dimanfaatkan untuk sumber tenaga listrik. Begitu juga dengan PT. Timah. Jadi bagaimana caranya agar sampah ini dapat menjadi sebuah kebutuhan yang dapat memberikan manfaat. Ini akan kita cari jalan keluarnya, " jelasnya.

Kedepan, lanjut Yanuar, Ia berharap lahan bekas tambang akan diolah untuk menampung sampah dan juga bisa menjadi lahan tanam bibit tanaman. Area program reklamasi tambang yang bertujuan untuk memulihkan lahan bekas tambang di seputaran Pangkalpinang dan Sungailiat masih banyak. Area ini yang kemudian akan diubah menjadi area yang bermanfaat utk masyarakat. Jadi, lahan bekas tambang akan menjadi area Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah sementara.

" Ini masih proses dan wacana. Akan kita bahas lebih lanjut bagaimana realisasinya. Apakah memungkin dan disetujui oleh pihak terkait. Dan bagaimana nanti prosedur perizinan dan sebagainya akan kita bahas disini," ungkap Yanuar.

Editor: Evan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved