Wiki Bangka

WIKI BANGKA Tempat Rekomendasi di Pangkalpinang Menikmati Lempah Kuning Makanan Khas Bangka

Bangkapos.com rekomendasikan tempat menikmati lempah kuning yang populer di kalangan masyarakat hingga pegawai kantoran di wilayah Pangkalpinang

WIKI BANGKA Tempat Rekomendasi di Pangkalpinang Menikmati Lempah Kuning Makanan Khas Bangka
bangkapos.com/Muhammad Noordin
Warung lempah kuning tebing, Jalan sampur Kelurahan Air Itam, Pangkalpinang. (Bangkapos/Nordin) 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Masakan bercita rasa gurih, pedas, asem dengan bumbu khas kuning kunyit sangat populer di pulau Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Belum pas rasanya kalau mengunjungi pulau Bangka tanpa menikmati lempah kuning dengan menu utama ikan segar yang dikenal masyarakatnya ini.

Ditambah lalapan segar seperti timun, terong, kecipir, daun singkong dengan rusip yang merupakan permentasi ikan tri atau sambel terasi.

Selain itu ada lempah darat sebagai pelengkapnya, yakni buah pepaya juga akar keladi di masak dengan kuah.
Berikut bangkapos.com rekomendasikan tempat-tempat menikmati lempah kuning yang populer dikalangan masyarakat hingga pegawai kantoran di wilayah Pangkalpinang.

Warung lempah kuning tebing, Jalan sampur Kelurahan Air Itam, Pangkalpinang.
Warung lempah kuning tebing, Jalan sampur Kelurahan Air Itam, Pangkalpinang. (bangkapos.com/Muhammad Noordin)

1. Warung Lempah Kuning Tebing Sampur
Warung ini buka dari pukul 09.00 WIB sampai 15.00 WIB, jangan sampai telat karena peminatnya cukup banyak, mulai dari masyarakat biasa, pegawai hingga orang-orang kantoran.
Ikan segar menjadi andalannya, setiap ada yang pesan lempah kuning baru di masak, dan harganya cukup terjangkau Rp 45 ribu per paket, sudah termasuk menu utama, lalapan juga minuman.
Pengunjung juga bisa pesan terlebih dahulu jika tidak ingin mengantri lama karena ramainya pengunjung di jam-jam tertentu, bisa menghubungi nomor 082371611819.
Warung Lempah kuning tebing Sampur bisa ditemui di Jalan sampur Kelurahan Air Itam, Pangkalpinang.

2. Lempah Kuning Kepala Ikan Depan Timah
Warung Lempah kuning kepala ikan depan kantor timah ini tidak pernah sepi pembeli, terlambat sedikit anda pasti tidak akan kebagian.
Pernah suatu ketika ada seorang pelanggan membeli ikan sendiri dari pasar dan minta di masak sama pengelola warung yakni Yuk Mar, karena datang terlambat dan lempah kuning telah habis tapi ingin menikmatinya.
Lempah kuning kepala ikan depan timah bisa ditemui di Jalan PT. Timah No. 8 Kelurahan Opas Indah, Kecamatan Taman Sari, Pangkalpinang. Buka dari pukul 09.00WIB sampai 15.00 WIB.

3. Warung Akil
Warung Akil cukup sederhana, dengan bangunan semi permanen, tapi pengunjungnya selalu puas dan pasti akan datang berkunjung lagi untuk menikmati lempah kuning masakan koki-kokinya.
Dengan konsep sederhana, warung Akil yang beralamat di Jl. Depati Hamzah No.272 Semabung lama, Pangkalpinang, mampu menjual puluhan kilogram ikan segar setiap harinya.
Jam-jam makan siang menjadi puncak kunjungan warung Lempah kuning yang menawarkan nasi, sambel terasi khas Akil dan lalapan secara prasmanan ini, pengunjung bisa menikmati sepuasnya.
Warung ini buka dari pukul 09.00 WIB sampai pukul 15.00 WIB, segeralah jika ingin mengunjunginya.

4. Warung Lempah Kuning Samping Akper
Lempah kuning samping Akademi perawat (Akper), Pangkalpinang ini patut dikunjungi, ikan-ikan yang ditawarkan selalu segar dan sesuai selera pembeli, kemudian baru di masak.
Warung yang beralamat di jalan Pulau Bangka, Bukit Ini, Pangkalpinang atau samping Akper Pangkalpinang, buka setiap hari sampai pukul 21.00 WIB

5. Lempah Kuning Ikan Tenggiri Yuk May
Lempah kuning lainnya yang patut dicoba adalah
Lempah kuning ikan tenggiri Yuk May yang beralamat di jalan Kapten Suraiman Arief (Kampung Tengah) Pangkalpinang.
Warung ini buka dari pukul 08.00 WIB sampai 13.00 WIB. Tidak hanya lempah kuning yang ditawarkan ada juga ikan pindang, rusip dan lalapan, tumis keladi, genjer, lempah daging kedondong, dan lainnya.

6. Rumah Makan Asui
Rumah makan ini beralamat di Kampung Bintang, Pangkalpinang, lempah kuning di Asui ini disajikan fress sesuai keinginan pembeli.
Terdapat juga menu-menu seafood lainnya yang ditawarkan di rumah makan ini, selain itu ada juga minuman segar pastinya menggugah selera.

7. Aroma laut
Jika ingin menikmati lempah kuning khas Bangka sambil melihat pemandangan pantai disertai semilir angin sepai sepoi Aroma Laut tempatnya.
Makan di tempat tidak akan terlupakan, terutama lempah kuningnya yang disajikan segar, belum lagi masakan khas Bangka lainnya dan minuman penyegarnya.
Warung yang beralamat di jalan raya Pantai Pasir Padi, Pangkalpinang ini bisa di kunjungi kapanpun, karena ia selalu buka, lempah kuning ikan kakap bisa dicoba di tempat ini, radanya sangat khas.

(bangkapos.com/Nordin)

Penulis: Muhammad Noordin
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved