Wujudkan Kantin Sekolah Aman Dari Pangan Berbahaya di Kabupaten Bangka

Sebagai rangkaian kegiatan dari Program Pangan Jajan Anak Sekolah (PJAS) tahun 2019, pada tanggal 1 Agustus 2019, Balai POM di Pangkalpinang

Wujudkan Kantin Sekolah Aman Dari Pangan Berbahaya di Kabupaten Bangka
Istimewa
Balai POM di Pangkalpinang menyelenggarakan Bimbingan Teknis Keamanan Pangan Sekolah dalam rangka Program Intervensi Keamanan Pangan Jajanan Anak Sekolah di Kabupaten Bangka. 

Wujudkan Kantin Sekolah Aman Dari Pangan Berbahaya di Kabupaten Bangka

Sebagai rangkaian kegiatan dari Program Pangan Jajan Anak Sekolah (PJAS) tahun 2019, pada tanggal 1 Agustus 2019, Balai POM di Pangkalpinang menyelenggarakan Bimbingan Teknis Keamanan Pangan Sekolah dalam rangka Program Intervensi Keamanan Pangan Jajanan Anak Sekolah di Kabupaten Bangka.

Kegiatan ini diadakan di ruang pertemuan Novilla Hotel, Sungailiat, Kabupaten Bangka, diikuti oleh 31 sekolah se-Kabupaten Bangka yang terdiri dari 22 SD, 3 SMP dan 6 SMA sederajat yang diwakili oleh Kepala Sekolah, Pengelola Kantin, Guru UKS, selain dari sekolah, kegiatan ini juga diikuti oleh Sanitarian Puskesmas, Pembina Tim UKS dari Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Kanwil Kementrian Agama, dan Kesra Kesekretariatan Daerah.

Kegiatan ini dibuka oleh Asisten I Pemerintahan dan Kesra, Drs. Teddy Sudarsono, dalam sambutannya, Pemerintah Kabupaten Bangka menyampaikan bahwa kantin sekolah serta makanan yang dijajakan di sekitarnya harus mendapatkan perhatian khusus, karena ada kekhawatiran makanan yang diperjualbelikan mengandung unsur berbahaya yang membahayakan tubuh.

Oleh karena itu, untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan, maka perlu diperhatikan aspek keamanan pangan di kantin sekolah. Terkait hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Bangka mengapresiasi kegiatan Bimtek yang diselenggarakan oleh Balai POM di Pangkalpinang.

Narasumber kegiatan ini adalah Kepala Balai POM di Pangkalpinang ,Hermanto, S.Si., Apt., MPPM, Kepala Bidang P2PL Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka, Anggia Murni, SKM., MKM dan staff Seksi Informasi dan Komunikasi BPOM di Pangkalpinang.

Dalam materinya, Kepala Balai menyampaikan bahwa kondisi kantin sekolah harus mendapat perhatian khusus, terlebih kaitannya dengan kegiatan PJAS ini adalah diharapkan kantin sekolah bisa mendapatkan piagam bintang keamanan pangan, sehingga dengan didapatkannya piagam tersebut maka telah terjamin keamanan makanan yang diperjualbelikan di kantin tersebut.

Sejalan dengan hal tersebut, Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka juga menyampaikan tentang persyaratan-persyaratan untuk bisa mendapatkan Sertifikat Laik Higiene Sanitasi, yang juga menjadi salah satu persyaratan untuk bisa mendapatkan Piagam Bintang Keamanan Pangan.

Editor: Evan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved