Berita Pangkalpinang

80,61 Persen Penduduk Babel Sudah Terjamin JKN BPJS Kesehatan

Peserta terdiri dari berbagai segmen, yakni Penerima Bantuan Iuran (PBI) APBN/APBD, penerima upah, dan mandiri.

80,61 Persen Penduduk Babel Sudah Terjamin JKN BPJS Kesehatan
bangkapos.com/Dedi Qurniawan
BPJS Kesehatan cabang Pangkalpinang Adian Fitria (kanan) bersama Kepala Dinkes Babel Mulyono Susanto, Jumat (2/8/2019) lalu di Kantor Dinkes Babel. (BANGKA POS / DEDY Q) 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Sebanyak 80,61 persen dari 1,3 juta penduduk Bangka Belitung telah menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. 

Peserta terdiri dari berbagai segmen, yakni Penerima Bantuan Iuran (PBI) APBN/APBD, penerima upah, dan mandiri.

Demikian disampaikan Kepala BPJS Kesehatan cabang Pangkalpinang Adian Fitria. Ia mengatakan, per kabupaten kota, baru Kabupaten Belitung yang 100 persen penduduknya sudah terjamin dalam kepesertaan BPJS Kesehatan. Lalu, Belitung Timur mencapi 95,17 persen.

Sementara Bangka Barat (70 %), Bangka Selatan (58,5 %), Bangka Tengah 79,22%, Bangka (51%), dan Pangkalpinang (84,91 %).

"Jadi hanya dua kabupaten yang telah mencapai 90 persen atau sudah Universal Health Coverage (UHC) yakni di atas 95 persen," kata Adian baru-baru ini.

Pihaknya akan mengupayakan sejumlah langkah agar seluruh daerah mencapai UHC. Beberapa di antaranya adalah jemput bola menjangkau peserta mandiri ke desa-desa dengan membuka loket pendaftaran dan sosialiasi.

BPJS Kesehatan juga menelusuri badan-badan usaha yang pegawainya belum terjamin layanan jaminan sosial dengan segmen pekerja. Pihaknya melakukan advokasi dengan pemerintah daerah yang berperan bisa mendadtarkan warga yang belum mendaftar. "Kami melakukan advokasi baik pemerintah provinsi maupun kabupaten kota untuk menambah kuota penerima bantuan iuran (PBI)," ucapnya.

Terkait isu kenaikan iuran, Adian enggan menjawab hal tersebut. Selain itu, ia tak memiliki kewenangan menjelaskan terkait ini. "Bukan kapasitas saya untuk menjawab. Sementara untuk pelayanan kami tentu berkomitmen memberikan pelayananterbaik kepada peserta JKN," katanya.

(bangkapos.com / Dedy Qurniawan)

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved