Berita Sungailiat

Gedung Juang Sungailiat akan Dijadikan Museum Seni

Kondisi Gedung Juang Sungailiat yang saat ini kurang terawat, direncanakan oleh Pemerintah Kabupaten Bangka bakal dijadikan sebagai museum seni

Gedung Juang Sungailiat akan Dijadikan Museum Seni
ist
Sejumlah wartawan Sungailiat menggelar aksi baca puisi peringatan hari pers di Gedung Juang Sungailiat, Minggu (9/2/2014).

BANGKAPOS.COM--Kondisi Gedung Juang Sungailiat yang saat ini kurang terawat, direncanakan oleh Pemerintah Kabupaten Bangka bakal dijadikan sebagai museum seni. Tujuannya agar gedung tersebut bisa bermanfaat untuk masyarakat banyak.

Apaagi lokasi  Gedung Juang sangat strategis di pertigaan jalan Jenderl Sudirman dan jalan Ahmad Yani Sungailiat yang merupakan pintu masuk serta wajah Sungailiat.

Melihat kondisi tersebut, Bupati Bangka Mulkan, berencana akan melakukan pembangunan untuk menjadikan gedung juang, museum seni  sehingga banyak dari masyarakat bisa berkunjung dan memanfaatkan gedung tersebut.

"Inilah saya sampaikan kita punya Gedung Juang, sampai hari ini tidak dimanfaatkan saya berharap keinginan ada suatu museum, kita jadikan tempat latihan dari pada kebudayaan yang ada di Bangka, terutama Seni Tari, kita optimal kedepan, sebagai musium Seni nantinya,"ungkap Mulkan kepada Bangkapos.com, Minggu (4/8/2019).

Menurutnya, ini merupakan programnya ke depan untuk bisa memanfaatkan aset milik Kabupaten Bangka yang memiliki nilai budaya tinggi.

"Program kedepan semua sepeninggalan dan aset Pemkab Bangka, kita melihat ada lihat budaya akan ada di musium itu," tegasnya.

Ketua Dewan Seni Bangka Wandasona Al-Hamd, mengatakan pihaknya sangat mendukung upaya Pemkab Bangka tersebut, namun diperlukan pengelolaan dan penataan nantinya termasuk dalam segi pembiayaan.

"Tentu sebagai pegiat seni budaya dan ketua Dewan Kesenian Bangka sangat apresiasi ide gagasan Bupati Bangka ini, tinggal bagaimana nanti pengelolaan nya penataannnya, pola pemanfaatannya untuk aktivitas seni budaya itu seperti apa, dari sisi anggaran harus dipikirkn juga, karena seniman buat karya dan pentas tak lepas dari cos produksi ini harus dipikirkan juga," ungkap Wanda yang juga pimpinan Sanggar Seni Lawang Budaya ini.

Menurut Wanda pegiat seni budaya tidak hanya ada di sanggar saja, namun banyak di segala bidang seni dan kesemuanya memiliki potensi, selain tari, musik, lukis, fotografi, sastra, theater.

"Artinya melalui wadah ini nanti akan ada kolaborasi yang memang terjalin dengan singkron antara pegiat seni dan pemerintah daerah di Kabupaten Bangka. Tentu ini sangat kita apresiasi dan kita dukung terlebih memang selama ini seni budaya hanya di pandang sebagai pelengkap saja. Hal ini lah yang kami rindukan selaku pegiat seni budaya bahwa budaya yang di dalamnya ada kesenian, adalah kekuatan besar untuk membangun pariwisata Kabupaten Bangka," harapnya. (Bangkapos.com/Riki Pratama)

Penulis: Riki Pratama
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved