Breaking News:

Berita Sungailiat

49 Persen Warga Sinjel Jadi Buruh Harian Lepas, Mayoritas di Sektor Timah

Sebagian besar masyarakat Kelurahan Sinarjaya Jelutung (Sinjel) Sungailiat Bangka didominasi pada profesi sebagai buruh harian lepas.

49 Persen Warga Sinjel Jadi Buruh Harian Lepas, Mayoritas di Sektor Timah
(Bangkapos/Ferylaskari)
Lurah Sinjel Sungailiat Bangka, Ramdhan Usman

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Sebagian besar masyarakat Kelurahan Sinarjaya Jelutung (Sinjel) Sungailiat Bangka didominasi pada profesi sebagai buruh harian lepas. Warga menggantungkan status menjadi buruh, yang kebanyakan bergerak di sektor pertambangan timah.

Lurah Sinarjaya Jelutung (Sinjel), Ramdhan Usman kepada Bangka Pos, Senin (5/8/2019) mengakui, profesi sebagai buruh harian lepas tercatat paling dominan di wilayah kerjanya.

Data statistik yang tercatat status buruh di Kelurahan Sinjel per 1 Agustus 2019, menempati urutan pertama yaitu sebayak 49 persen.

Buruh harian lepas yang dimaksud bekerja pada berbagai sektor usaha. Namun diakui Ramdhan, buruh harian lepas yang paling banyak menggantungkan hidup pada sektor pertambangan.

"Yang dominan buruh pada sektor pertambangan. Mungkin bagi mereka (warga), sektor pertambangan lebih cepat dapat (uangnya) atau mungkin juga lebih menggiurkan menurut mereka," kata Ramdhan menduga-duga.

Pada kesempatan yang sama Ramdhan menjelaskan secara rinci seputar geografi wilayah kerjanya.

"Kelurahan Sinjel terdiri dari empat lingkungan, masing-masing Lingkungan Sinarjaya, Lingkungan Jelutung, Lingkungan Akeh dan Lingkungan Kudai Utara," katanya.

Di kelurahan ini tercatat sebanyak 1808 kepala keluarga (KK) atau 5121 jiwa yang menyebar di 13,39 km persegi wilayah kelurahan yang memilki 22 RT.

"Profesi lainnya yang disandang warga kami, yaitu sebagai wiraswastawan sebanyak 12 persen, PNS 2,2 persen, karyawan honor 1,4 persen, karyawan perusahaan swasta 1,8 persen, karyawan perusahaan pemerintah 1 persen dan petani 1 persen," kata Ramdhan seraya menyebut, ada profesi lain yang disandang warga, namun dalam jumlah persentasi yang sangat kecil.

(Bangkapos/Ferylaskari)

Penulis: Fery Laskari
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved