Berita Pangkalpinang

Agustus Puncak Musim Kemarau Babel, Tanjungpandan Kota Dengan Suhu Tertinggi

Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sudah mulai memasuki musim kemarau sejak sepuluh hari terakhir di bulan Juni 2019.

Agustus Puncak Musim Kemarau Babel, Tanjungpandan Kota Dengan Suhu Tertinggi
Bangkapos.com/Muhammad Rizki
Prakirawan Cuaca Stasiun Meteorologi BMKG Depati Amir Pangkalpinang Rizki Adzani. 

BANGKAPOS.COM-- Sudah lebih dari dua pekan hujan tidak mengguyur Kota Pangkalpinang, cuaca panas dan angin yang cukup kencang membuat debu di jalan semakin banyak beterbangan, kekeringan mulai terjadi di beberapa tempat semenjak Provinsi Bangka Belitung (Babel) memasuki fase musim kemarau.

Prakirawan Cuaca Stasiun Meteorologi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Depati Amir Pangkalpinang Rizki Adzani mengatakan, jika Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sudah mulai memasuki musim kemarau sejak sepuluh hari terakhir di bulan Juni 2019.

"21 hingga 30 Juni kemarin secara umum Babel sudah memasuki musim kemarau," kata Rizki, Senin (5/8/2019) kepada Bangkapos.com.

Kemarau Melanda, Ratusan Hektar Sawah Di Beltim dan Basel Kekeringan Terancam Puso

Puncak dari musim kemarau tahun ini menurut Rizki akan terjadi pada bulan Agustus 2019, dan berakhir pada bulan Oktober 2019. Untuk suhu tertinggi di Babel di perkirakan dari 32-34 derajat celcius, sedangkan untuk suhu minimum yang biasa terjadi pada saat menjelang subuh berada di angka 21-24 derajat celcius.

Kemarau Diperkirakan Sampai November Awal, Merendam Sahang Saja Sudah Susah

Di Provinsi Babel suhu terendah berada di wilayah Koba Kabupaten Bangka Tengah dengan suhu 20-21 derajat celcius, sementara untuk suhu tertinggi lebih sering berada di wilayah Tanjung Pandan Kabupaten Belitung, dengan suhu maksimal 34 derajat celcius.

"Di wilayah Tanjung Pandan itu cenderung lebih tinggi dibandingkan daerah Bangka, kalau di Tanjung Pandan bisa mencapai 34 derajat celcius," pungkas Rizki. (Bangkapos.com/Muhammad Rizki)

Penulis: Muhammad Rizki
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved