Berita Pangkalpinang

BMKG Imbau Warga Tidak Bakar Lahan dan Sampah

BMKG Depati Amir Pangkalpinang Rizki Adzani, mengimbau kepada masyarakat Provinsi Bangka Belitung (Babel) untuk mengurangi aktifitas pembukaan lahan

BMKG Imbau Warga Tidak Bakar Lahan dan Sampah
IST/Sat Pol PP
Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di sekitaran Masjid Polman Air Kantung, Kecamatan Sungailiat Kabupaten Bangka, pada Jumat (2/8/2019) siang pukul 12.10 WIB. 

BANGKAPOS.COM-- Prakirawan Cuaca Stasiun Meteorologi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Depati Amir Pangkalpinang Rizki Adzani, mengimbau kepada masyarakat Provinsi Bangka Belitung (Babel) untuk mengurangi aktifitas pembukaan lahan dengan cara dibakar.

Meskipun pembakaran tersebut dilakukan pada lahan yang sempit, namun dapat meluas dikarenakan suhu di musim kemarau kering, dan angin pun cenderung lebih kencang.

Hal ini bertujuan untuk mengurangi titik panas yang berada di Babel, dikarenakan titik panas berkaitan dengan suhu yang panas pada permukaan, sehingga apabila ada pembakaran lahan, maka akan tertangkap menjadi titik panas melalui pantauan satelit.

"Nah kalau ada yang membakar lahan, biasanya itu akan tertangkap sebagai titik panas di satelit," kata Rizki, Senin (5/8/2019) diruang kerjanya.

Selain itu ia juga berharap agar masyarakat tidak membakar sampah, selain untuk mengurangi titik panas, hal ini juga bertujuan agar tidak terjadi kebakaran lahan. (Bangkapos.com/Muhammad Rizki)

Penulis: Muhammad Rizki
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved