Berita Pangkalpinang

Pangkalpinang Kekurangan Guru SD dan SMP, Usulan Tambahan Guru Tahun 2020

Ketersediaan tenaga pendidik menjadi satu upaya untuk memajukan pendidikan, tak terkecuali di Kota Pangkalpinang, namun saat ini kekurangan guru

Pangkalpinang Kekurangan Guru SD dan SMP, Usulan Tambahan Guru Tahun 2020
Bangkapos.com/Sonny
Novian Yuspandi, Kasi PTK Dikdas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pangkalpinang.

BANGKAPOS.COM -- Ketersediaan tenaga pendidik menjadi satu upaya untuk memajukan pendidikan, tak terkecuali di Kota Pangkalpinang, namun saat ini daerah masih kekurangan guru.

Hal ini diakui Analis Pengembangan SDM Aparatur Dinas Pendidikan Pangkalpinang, Budi Hartono.

Dia mengatakan Kota Pangkalpinang masih kekurangan guru untuk SD dan SMP.

"Untuk menutupi kekurangan guru yang ada di sekolah-sekolah menggunakan tenaga honor untuk menutup jumlah guru," kata Budi, Senin (5/8/2019) saat ditemui Bangkapos.com.

Saat ini jumlah guru untuk SMP di Kota Pangkalpinang, sebanyak 300 PNS dan 50 tenaga honorer, sedangkan untuk SD sebanyak 612 PNS dan 141 tenaga honorer.

Sementara, jumlah pensiun yang terus bertambah setiap tahunnya menjadi faktor penyebab masih kurangnya tenaga pendidik.

"Jumlah pensiun yang terus bertambah. Walaupun ada tenaga honorer itu hanya mencukupi saat itu saja," jelas Novian Yuspandi, Kepala Seksi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pangkalpinang.

Dia mengatakan,  untuk memenuhi kebutuhan guru, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pangkalpinang telah mengajukan usulan CPNS untuk SD sebanyak 95 orang guru kelas dan SMP 41 orang berdasarkan permintaan kebutuhan sekolah yang ada di Kota Pangkalpinang.

Ketika dikonfirmasi, Kasi Perencanaan Data dan Informasi Badan Kepegawaian Daerah Pangkalpinang Agusfirullah, mengakui pihaknya memang ada usulan untuk penambahan formasi guru , namun ada keterlambatan usulan yang seharusnya tenggat waktunya 12 Juli, data baru masuk 20 Juli.

"Untuk pengusulan memang ada keterlambatan namun tetap akan diproses, untuk tahun 2020. Untuk tahun ini masih bisa tercukupi dengan honor yang ada, tidak terlalu kekurangan," ungkap Agusfirullah. (Bangkapos.com/Calon Reporter Sonny)

Editor: nurhayati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved